Resesi ekonomi adalah kondisi ketika perekonomian suatu negara mengalami kontraksi atau penurunan dalam waktu yang cukup lama dengan ditandai menurunnya aktivitas ekonomi seperti penurunan output, penurunan investasi, penurunan produksi, dan kenaikan pengangguran sehingga resesi ekonomi dapat mempengaruhi bisnis suatu perusahaan secara signifikan. Ketika perusahaan mengalami resesi ekonomi, maka perusahaan harus memperbarui strategi dan melihat kesempatan baru yang muncul.  Oleh karena itu dengan adanya resesi ekonomi tersebut, HIMA S1 Manajemen Universitas Airlangga mengadakan kegiatan Management Visit.

Kegiatan Management Visit merupakan program kerja departemen eksternal HIMA S1 Manajemen Universitas Airlangga yang dilaksanakan dengan cara mahasiswa melakukan Company Visit dan University Visit. Pada tahun 2023, kegiatan Management Visit dilaksanakan dengan melakukan Company Visit. Kegiatan Management Visit tersebut mengusung tema “Build Up Your Knowledge of Financial Institutions Related to the Issue of the Global Economic”. Tujuan dari kunjungan tersebut adalah untuk memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai resesi ekonomi, cara mengatasi dampaknya pada bisnis perusahaan, dapat mempelajari strategi yang telah digunakan oleh perusahaan untuk mengatasi resesi ekonomi, dan mendapatkan ide-ide sebagai referensi dalam mengatasi resesi ekonomi di masa mendatang.

Diselenggarakannya Management Visit berkaitan dengan SDGs pada nomor 4, 8, dan 17. Hal ini dikarenakan pada poin nomor 4 yaitu Quality Education pada kegiatan ini adalah memfasilitasi mahasiswa S1 Manajemen untuk memperoleh ilmu pendidikan baru dari perusahaan yang ada di Indonesia tanpa memandang SARA. Lalu, pada poin nomor 8 yakni Decent Work And Economic Growth yang berkesinambungan dengan tema yang dibawakan  yakni “Build Up Your Knowledge of Financial Institutions Related to the Issue of the Global Economic” dimana mahasiswa manajemen nantinya akan mendapatkan informasi terkait dengan strategi berbisnis yang digunakan ketika masa krisis ekonomi, memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai resesi ekonomi, cara mengatasi dampaknya pada bisnis perusahaan, dan mendapatkan ide-ide sebagai referensi dalam mengatasi resesi ekonomi di masa mendatang. Pada point nomor 17 yakni Partnership for the goals karena Management Visit akan berkolaborasi dengan perusahaan untuk membangun jaringan dan mempersiapkan generasi mahasiswa S1 Manajemen Universitas Airlangga yang berkualitas dan memiliki kesiapan kemampuan serta keterampilan untuk memasuki dunia kerja. 

Agenda Kegiatan