data analytics feb unairAcara workshop data analytics Rstudio yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Magister Akuntansi (HMMA) Universitas Airlangga melalui divisi research and education bertujuan untuk memperkenalkan dan memberikan pembelajaran tentang penggunaan Rstudio dalam bidang akuntansi. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan skill sumber daya manusia, tetapi juga sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) nomor 4 (Pendidikan Berkualitas), 8 (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi), dan 17 (Kemitraan untuk Tujuan).

Dalam mendukung SDGs nomor 4, workshop ini memberikan kesempatan bagi peserta untuk mengembangkan keterampilan dalam penggunaan aplikasi data analytics Rstudio, yang merupakan kompetensi penting dalam mengolah data riset di bidang akuntansi. Selain itu, melalui penyelenggaraan secara online, workshop ini memberikan akses lebih luas kepada peserta untuk memperoleh pengalaman dan praktik yang lebih fleksibel, sesuai dengan tuntutan era digital saat ini.

Kegiatan ini juga mendukung SDGs nomor 8 dengan menyediakan pelatihan yang dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan peserta, sehingga mereka siap menghadapi tuntutan pasar kerja yang semakin kompleks. Dengan demikian, workshop ini berpotensi menciptakan peluang pekerjaan yang lebih baik bagi peserta dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

Selain itu, workshop ini juga mencerminkan kolaborasi dan kemitraan yang diperlukan dalam mencapai SDGs nomor 17, karena melibatkan kerjasama antara HMMA Universitas Airlangga, peserta workshop, dan mungkin pihak lain yang terlibat dalam penyelenggaraan acara ini. Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat bagi peserta secara individu, tetapi juga berkontribusi pada upaya bersama untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan secara keseluruhan.