design feb unairDesign Class and Design Competition adalah program kerja yang diinisiasi oleh KOPMA FEB UNAIR dengan tujuan utama meningkatkan kompetensi di bidang desain serta memberikan wadah bagi mahasiswa untuk mengekspresikan kreativitas mereka. Hal ini sangat penting mengingat era media sosial saat ini, di mana desain yang menarik dapat menjadi alat yang efektif untuk memperkenalkan dan mengembangkan branding, baik untuk individu, organisasi, maupun institusi. Program ini juga merupakan bagian dari upaya KOPMA FEB UNAIR untuk mendukung pencapaian SDG 4 tentang Pendidikan Berkualitas.
Praktik SDGs dalam program ini tercermin dalam beberapa aspek. Pertama, fokus pada penyampaian materi yang tepat dalam Design Class membantu meningkatkan pemahaman, keterampilan, dan kemampuan individu dalam mengembangkan kreativitas mereka. Ini berkontribusi langsung pada SDG 4, yang menekankan pentingnya pendidikan berkualitas untuk semua. Kedua, dengan memberikan wadah bagi mahasiswa untuk mengekspresikan kreativitas mereka melalui Kompetisi Desain, program ini tidak hanya menciptakan peluang untuk pertumbuhan individu, tetapi juga mendorong inklusivitas dan partisipasi dalam proses pembelajaran. Hal ini sejalan dengan prinsip SDGs tentang menciptakan masyarakat yang inklusif dan berkelanjutan.

Tema yang diangkat pada program kali ini adalah "Creating Human Centered Design in Digital Marketing". Tema ini mengangkat isu mengenai pentingnya desain tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga mempertimbangkan kebutuhan, keinginan, dan perilaku pengguna sebagai fokus utama. Interaksi dengan audiens memungkinkan kita untuk memahami lebih dalam tentang siapa mereka, apa yang mereka butuhkan, dan bagaimana mereka berinteraksi dengan konten kita. Dengan pemahaman yang mendalam tentang audiens, kita dapat menciptakan desain yang lebih relevan dan menarik bagi mereka, yang pada gilirannya dapat meningkatkan keterlibatan . Sementara itu, content planner atau perencanaan konten menjadi penting karena konten yang disajikan haruslah memiliki nilai tambah dan relevansi bagi audiens. Dengan merencanakan konten secara matang, kita dapat memastikan bahwa setiap konten yang dipublikasikan tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga bermanfaat dan relevan bagi audiens. Konten yang direncanakan dengan baik juga memungkinkan kita untuk mengelola pesan yang ingin disampaikan dengan lebih efektif, sehingga dapat mencapai tujuan pemasaran digital kita dengan lebih baik. Melalui program ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi yang nyata dalam mendukung pencapaian SDGs secara luas, terutama dalam menciptakan pendidikan yang berkualitas dan inklusif bagi semua.