Pada tahun 2022, National Business Case Competition yang diadakan oleh HIMA S1 Manajemen Universitas Airlangga akan mengadakan sebuah acara “Kuliah Tamu Pre Event” untuk mahasiswa aktif seluruh Indonesia. Kuliah Tamu Pre Event NBCC 2022 mengusung tema “Knowing the magnificent local potential to enter the international market” dengan mengundang pembicara dari dua perusahaan. Perusahaan yang akan mengisi Kuliah Tamu pada Pre Event NBCC 2022 ialah Kaya.id dan Azarine.   

 

Kuliah Tamu Pre Event National Business Case Competition 2022 berkaitan dengan SDGs nomor 4 yaitu Quality Education dan nomor 8 yaitu Decent Work and Economic Growth. Dalam tujuan SDGs nomor 4 bertujuan untuk memastikan pendidikan yang inklusif dan berkualitas setara, juga mendukung kesempatan belajar seumur hidup bagi semua. Singkatnya, Poin SDGs nomor 4 menekankan bahwa pendidikan yang berkualitas adalah hal yang penting. Pendidikan yang berkualitas tentunya akan menjadi pendukung yang mempengaruhi daya berpikir seseorang. Selain itu, sebagaimana kita ketahui bahwa pendidikan merupakan aspek yang sangat penting bagi bangsa Indonesia untuk mengejar ketertinggalan dari negara lain dan juga sebagai persiapan generasi selanjutnya untuk dapat berkontribusi lebih optimal dalam melaksanakan pembangunan berkelanjutan. Atas dasar itulah, diharapkan para mahasiswa sebagai tombak perubahan dapat untuk meningkatkan daya berpikirnya dan meningkatkan kualitas pendidikan bangsa Indonesia melalui penyelesaian berbagai business case yang akan dikompetisikan.

 

Dalam tujuan SDGs nomor 8 memiliki tujuan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, tenaga kerja penuh, produktif, serta pekerjaan yang layak bagi semua. Singkatnya, decent work dapat didefinisikan sebagai suatu kesempatan bagi setiap individu dalam memperoleh pekerjaan yang produktif serta upah yang adil dalam pemenuhan biaya hidup secara berharkat dengan menjamin keamanan fisik maupun psikologis sedangkan economic growth juga menjadi salah satu indikator penting dalam melakukan analisis terkait pembangunan ekonomi pada suatu negara. Dengan mengusung tema ini, para pemuda Indonesia diharapkan mampu untuk mencapai tingkat produktivitas yang lebih tinggi dengan mulai menggalakkan kegiatan yang produktif dan siap melahirkan ide-ide yang kreatif, inovatif, dan terampil untuk mendorong ekonomi nasional.

 

Kuliah Tamu Pre Event NBCC 2022 akan dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus 2022. Acara akan diadakan secara online melalui zoom meeting. Adapun Pembicara pertama Kuliah Tamu Pre Event NBCC 2022 dari Kaya.id, yaitu  Nita Kartikasari CEO & Founder of KAYA.ID. Pembicara kedua Kuliah Tamu Pre Event NBCC 2022 dari Azarine, yaitu Brian Tjahyanto CEO of PT.Wahana Kosmetika Indonesia (Azarine). Kedua perusahaan tersebut akan memaparkan materi yang berkaitan dengan tema “Knowing the magnificent local potential to enter the international market”.

 

Dalam Kegiatan Kuliah Tamu Pre Event National Business Case Competition 2022, diharapkan para mahasiswa Indonesia dapat mengetahui lebih detail dan mendalam mengenai potensi lokal dan bagaimana caranya untuk memasuki pasar internasional. Dengan adanya Kuliah Tamu Pre Event ini diharapkan juga agar mahasiswa Indonesia dapat lebih mendalami tema yang diusung dan siap untuk mengikuti acara National Business Case Competition 2022.

Agenda Kegiatan