Pada saat ini di Indonesia sudah masuk era society 5.0, dimana semua industry di tuntut harus melakukan perkembangan teknologi modern. Semua industri harus melakukan perubahan agar bisa menyesuaikan dengan adanya teknologi modern. Era society 5.0 ini memiliki dampak besar terhadap industri di berbagai sektor di Indonesia, salah satunya pada sektor UMKM. Ada beberapa sektor industri yang mengalami penurunan, hal ini dikarenakan tidak bisa dalam mengimbangi adanya kemajuan teknologi modern. Para industri harus melakukan berbagai perubahan dan pemanfaatan teknologi terhadap strategi dalam pengelolaan usaha agar tetap mampu bertahan. Salah satu sektor yang terkena dampak  society 5.0 adalah sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM. Padahal, industri ini merupakan tempat di mana masyarakat bisa menyalurkan hasil kreasi atau usaha-usaha lainnya. 

 

UMKM telah berkembang menjadi sebuah industri yang memiliki kontribusi sangat besar dan krusial bagi perekonomian di Indonesia secara makro. Selain itu, adanya UMKM juga bertujuan untuk menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat secara umum yang tidak memiliki pendidikan tinggi. UMKM di Indonesia tentunya tidak terlepas dari hasil kreativitas usaha masyarakat, seperti usaha makanan dan minuman, pariwisata, jasa, serta mencakup semua hal yang berkaitan dengan kreatif ekonomi. Semua usaha tersebut yang dimiliki oleh masyarakat di integrasikan dengan sumber daya yang dimiliki pemerintah, untuk memperbaiki kondisi ekonomi, sosial, dan kebudayaan.

Generasi milenial merupakan generasi yang memanfaatkan secara penuh adanya teknologi di era society 5.0. Generasi milenial menjadi potensi besar untuk memajukan para UMKM di Indonesia, karena mereka bekerja dengan lebih cepat dan cerdas dandidukung adanya teknologi. Dengan begitu, adanya generasi milenial diharapkan mampu membawa para UMKM untuk terus meningkatkan perkembangannya dan juga mampu menciptakan nilai baru terhadap perkembangan teknologi di era society 5.0

 

Berdasarkan uraian yang telah disampaikan, kami dari MARKETING CLUB ON TEACHING (MARCH) akan mengadakan Marketing Plan Competition 2021 dengan mengundang mahasiswa-mahasiswi dari seluruh Indonesia untuk menyumbangkan ide kreatifnya dalam mengembangkan transformasi pemasaran para UMKM di era society 5.0 dengan tema “Actualization Marketing Revolution Of UMKM In Society 5.0”. Berdasarkan hal tersebut, kami selaku civitas akademika Universitas Airlangga ingin berkontribusi dan menyumbangkan ide kreatif dalam mengembangkan transformasi pemasaran para UMKM melalui Marketing Plan Competition 2021.

Agenda Kegiatan