Penyelenggaraan pendidikan tinggi sebagai bagian yang tak terpisahkan dari penyelenggaraan pendidikan nasional, tidak dapat dilepaskan dari amanat Pasal 31 ayat (3) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, yang berbunyi: “Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang-undang”. Peran perguruan tinggi dalam rangka meningkatkan kemampuan dan daya saing bangsa adalah dengan menghasilkan modal sumber daya manusia Indonesia yang cerdas, berilmu pengetahuan, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cakap, kreatif, inovatif, mandiri yang akan membentuk peradaban bangsa, dan menjadi negara yang demokratis yang berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Program pertukaran pelajar adalah program di mana mahasiswa dari suatu universitas belajar di luar negeri di salah satu lembaga mitra institusi mereka. Perguruan tinggi bertaraf internasional saling bekerja sama mengadakan program pertukaran pelajar untuk perkuliahan selama 1-2 semester yang kreditnya dapat dimasukkan ke dalam SKS perkuliahan. Program pertukaran pelajar memberikan mahasiswa kesempatan untuk belajar di negara dan lingkungan yang berbeda untuk mengalami sejarah dan budaya negara lain serta bertemu teman baru untuk memperkaya pengembangan pribadi mereka. Program pertukaran internasional juga efektif untuk menantang mahasiswa mengembangkan perspektif global. Menjadi salah satu peserta program pertukaran pelajar sudah menjadi impian bagi sebagian besar mahasiswa.

Chung Ang University adalah sebuah universitas swasta yang terletak di 84 Heukseok-ro, Heukseok-dong, Dongjak-gu, Seoul, Korea Selatan. Universitas ini didirikan pada tahun 1918 dan mendapatkan peringkat 414 dunia di QS Global World Rankings 2022. Chung Ang University mengadakan program pertukaran pelajar bertajuk “Chung Ang University Spring Exchange 2022” yang bekerja sama dengan berbagai universitas di seluruh dunia, salah satunya Universitas Airlangga. Universitas Airlangga bekerja sama dengan Chung Ang University mengadakan program pertukaran pelajar selama satu semester penuh. Kegiatan ini dilakukan selama satu semester penuh dari Maret hingga Juni 2022.

 

-HIMA S1 Manajemen UNAIR

#SpiritUnityPride

Agenda Kegiatan