accurate feb unairPada tanggal 9-10 Agustus 2024, Himpunan Mahasiswa Program Doktor Ilmu Akuntansi (Hima PDIA) Universitas Airlangga menggelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) tingkat internasional di Aula Miendrowo, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Acara ini dihadiri oleh 63 guru SMA/SMK yang mengajar akuntansi dan beberapa mahasiswa dari Afghanistan. Tema yang diusung adalah pelatihan akuntansi dengan menggunakan aplikasi Accurate, yang dirancang untuk mendukung tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) poin 4 dan 7.

SDGs poin 4 menekankan pentingnya pendidikan berkualitas yang inklusif dan merata, sedangkan poin 7 berfokus pada akses energi yang terjangkau dan bersih. Dalam konteks ini, pelatihan yang diberikan tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan keterampilan para guru dalam pengajaran akuntansi, tetapi juga memperkenalkan teknologi yang ramah lingkungan dan hemat energi melalui penggunaan aplikasi Accurate. Dengan demikian, acara ini tidak hanya berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan, tetapi juga mendukung penggunaan teknologi yang mendukung keberlanjutan.

Acara ini dibuka oleh Prof. Noorlaile Soewarno sebagai Ketua PDIA Universitas Airlangga dan Prof. Sri Iswati sebagai Penasehat Hima PDIA Universitas Airlangga. Keduanya memberikan apresiasi atas terlaksananya acara ini sebagai wujud nyata kontribusi Hima PDIA Universitas Airlangga kepada masyarakat, serta mengapresiasi antusiasme para peserta. Diharapkan, acara PKM seperti ini dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan di masa mendatang, untuk memberikan dampak yang lebih luas dalam mendukung pencapaian SDGs di Universitas Airlangga.