coaching design feb unairHimpunan Mahasiswa S3 Ilmu Ekonomi Menginisiasi Kegiatan “Coaching Desain Penulisan Artikel Dan Publikasi Scopus On Economics” pada Selasa-Rabu, Tanggal 16-17 Juli 2024 dengan menghadirkan Narasumber Dr.Miguel Angel Esquivias Padilla,M.S.E yang merupakan Dosen Departemen Ilmu Ekonomi Universitas Airlangga,
Mengigat dalam era informasi yang berkembang pesat seperti saat ini, literatur ilmiah menjadi salah satu sumber pengetahuan yang paling berharga bagi para peneliti, akademisi, dan praktisi di berbagai bidang. Namun, dengan jumlah publikasi yang terus meningkat setiap tahunnya, menavigasi dan menyaring informasi yang relevan menjadi semakin menantang. Desain Penulisan Artikel dan Publikasi Scopus Bidang Ekonomi merupakan metode menulis artikel ilmiah yang layak dipublikasikan pada jurnal bereputasi scopus, Metode ini memungkinkan para peneliti untuk memahami secara mendalam perkembangan terbaru, tren, temuan kunci, dan kesenjangan dalam literatur ilmiah.
Pentingnya desain penulisan artikel dan publikasi Bidang Ekonomi diakui secara luas, keterbatasan dalam pemahaman dan keterampilan praktis dalam menerapkannya masih menjadi masalah bagi sebagian besar peneliti dan mahasiswa di bidang Ekonomi. Kebanyakan couching yang ada, masih berfokus pada pendekatan tradisional, tanpa memberikan pemahaman yang memadai tentang metodologi dan teknik khusus.
Oleh karena itu, penyelenggaraan Couching Desain Penulisan Artikel dan Publikasi Scopus Bidang Ekonomi menjadi relevan dan penting untuk meningkatkan kualitas penelitian dan pemahaman di berbagai bidang ilmu khususnya Ilmu Ekonomi. Pelatihan ini akan memberikan peserta pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk melaksanakan Desain Penulisan Artikel dan Publikasi Scopus Bidang Ekonomi dengan baik, serta melakukan penggunaan metode ini dalam rangka meningkatkan kualitas dan relevansi penelitian. Mahasiswa akan mendapatkan pemahaman mengenai:
1. Menentukan Berbagai Gaps dan Novelty terkait bidang ekonomi
2. Pembuatan Instrumen Kuantitatif dan Kualitatif
3. Teknik Academic Writing
4. Strategi Mencari & Memilih Publisher Jurnal Internasional bidang Ekonomi Bereputasi yang Zero Budget, Terjangkau dan Aman (Bebas Predator, Cloning, dan Hijacked Journal)tersebut untuk riset/disertasi.
Kegiatan ini membantu menguasai teknik penulisan akademik yang baik dan benar agar hasil penelitiannya dapat dikomunikasikan secara efektif kepada khalayak ilmiah. Selain itu, kegiatan ini juga membantu peneliti memberikan kontribusi baru pada bidang ilmu yang diteliti, Terakhir, kegiatan ini juga memberikan informasi tentang bagaimana memilih target publikasi pada jurnal bereputasi internasional agar hasil penelitian dapat diakses luas dan memberikan dampak serta manfaat nyata bagi pengembangan ilmu pengetahuan.