workshop ie s3 feb unairHimpunan Mahasiswa S3 Ilmu Ekonomi Universitas Airlangga Mengadakan Kegiatan “” Pada 22 Juni 2024 & 29 Juni 2024 Kegiatan berlangsung selama 2 hari.
Workshop ini memanfaatkan Stata sebagai perangkat lunak/alat untuk pengolahan dan analisis data. Stata umumnya digunakan untuk berbagai kebutuhan pengolahan data dalam bidang ekonomi. Kelebihan Stata dibandingkan dengan perangkat lunak statistik adalah sebagai berikut: 1) Powerful untuk melakukan manipulasi data; 2) Terdapat banyak operasi statistik yang tersedia; dan 3) Sistem bantuan terdokumentasi dengan baik dan mudah diakses.
Workshop ini dapat dibagi menjadi empat sesi. Pertama, workshop ini dimulai dengan Stata dasar yang meliputi pengenalan perangkat lunak, manajemen data, statistik deskriptif dan tabulasi, uji korelasi serta regresi sederhana. Kedua, eksplorasi dan analisis data cross-section. Kegiatan ini meliputi pembahasan struktur data, eksplor berbagai set data cross-section, serta analisis regresi. Ketiga, eksplorasi dan analisis data panel/longitudinal. Kegiatan ini meliputi pembahasan struktur data, eksplor berbagai set data panel/longitudinal, dan analisis data panel. Keempat, workshop ini diakhiri dengan manajemen riset. Kegiatan ini meliputi pemaparan proses riset, menyusun workflow untuk pengolahan dan analisis, serta riset kolaboratif.