PENGARUH PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT (POS) DAN JOB SATISFACTION TERHADAP TURNOVER INTENTION MELALUI ORGANIZATIONAL COMMITMENT PADA KARYAWAN HOTEL GRAND KALIMAS SYARI’AH SURABAYA Title: PENGARUH PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT (POS) DAN JOB SATISFACTION TERHADAP TURNOVER INTENTION MELALUI ORGANIZATIONAL COMMITMENT PADA KARYAWAN HOTEL GRAND KALIMAS SYARI’AH SURABAYA Authors: ABDULLAH MAS’UD ADDAROYNI Item Type: Thesis (Thesis) Affiliations: Program Studi Magister Sains Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia Publisher: Universitas Airlangga Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Perceived Organizational Support (POS) dan job satisfaction terhadap turnover intention melalui organizational commitment pada karyawan Hotel Grand Kalimas Syari’ah Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode pengambilan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 57 responden. Teknik analisis data menggunakan Partial least Square (PLS) yang diolah menggunakan softwere SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived organizational support memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention, job satisfaction memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention, perceived organizational support memiliki pengaruh negatif terhadap turnover intention melalui organizational commitment dan job satisfaction memiliki pengaruh negatif terhadap turnover intention melalui organizational commitment. Kata Kunci : Perceived organizational support, job satisfaction, organizational commitment, turnover intention Sources: http://repository.unair.ac.id/76833/