Title: PENGARUH INOVASI PRODUK DAN MANAJEMEN MUTU TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MELALUI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN

Authors: NILA EFRIDA YUSI

Affiliations: Program Studi Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga Surabaya

Publisher: Universitas Airlangga

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh inovasi produk terhadap nilai perusahaan melalui kinerja keuangan sebagai variabel mediasi dan menguji pengaruh manajemen mutu terhadap nilai perusahaan melalui kinerja keuangan sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaanperusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017. Pengujian dilakukan menggunakan teknik analisis data Partial Least Square, dengan bantuan software SmartPLS 3. Hasil pengujian menunjukkan bahwa Inovasi produk berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, Inovasi produk berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan perusahaan, kinerja keuangan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, inovasi produk berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan melalui kinerja keuangan. Pengaruh langsung inovasi produk terhadap nilai perusahaan mengalami penurunan setelah dimasukkan variabel mediasi kinerja keuangan, sehingga dapat dikatakan bahwa mediasi yang terjadi adalah mediasi parsial. Manajemen mutu terbukti tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, manajemen mutu tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan. Pengujian pengaruh manajemen mutu terhadap nilai perusahaan melalui kinerja keuangan perusahaan tidak diteruskan karena manajemen mutu tidak berpengaruh langsung terhadap nilai perusahaan dan tidak berpengaruh langsung terhadap kinerja keuangan.

Keywords: inovasi produk, manajemen mutu, kinerja keuangan, nilai perusahaan.

Sources: http://repository.unair.ac.id/93203/

 

International Recognition

fiiba akreditasi feb unair
Logo Akreditasi 1 copy

aacb kecillamemba

ucapan

 

Kemitraan Global

kemitraan kemitraan
kemitraan kemitraan
kemitraan kemitraan
kemitraan kemitraan
kemitraan