Title: Peran Empowerment Environment Dalam Mendukung Pengaruh Transformational Leadership Terhadap Followers Creative Performance Pada Bisnis Startup Di Indonesia.

Authors: Roy Setiawan

Item Type : Thesis (Thesis)

Affiliations: Program Studi Doktoral Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia

Publisher: Universitas Airlangga

 

Abstract

Studi ini dilakukan dengan tujuan untuk untuk menganalisis peran transformational leadership terhadap followers creative performance melalui pro-growth working environment, values based developmental interaction capability dan psychological empowerment pada bisnis startup di Indonesia dan untuk menguji research novelty atau konsep baru pro-growth working environment dalam model tersebut. Penelitian ini menggunakan rancangan kuantitatif dengan pendekatan Structural Equation Model (SEM) atau model persamaan struktural menggunakan tools analisis data yaitu WarpPLS. Rancangan penelitian yang digunakan adalah metode survey, adapun pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Pada penelitian ini populasi yang digunakan adalah karyawan startup business yang ada di Indonesia dengan total jumlah bisnis startup yang dimiliki sebesar 2.180 bisnis startup. Adapun teknik pengambilan sampelnya adalah purposive sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 270 responden. Penelitian ini menemukan bahwa faktor determinan utama Followers Creative Performance adalah Psychological Empowerment. Psychological Empowerment dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu Pro-Growth Working Environment dan Entrepreneural Values based Development Interaction Capability. Adapun faktor utama yang mempengaruhi Psychological Empowerment adalah Entrepreneural Values based Development Interaction Capability. Implikasi dari penelitian ini adalah bisnis startup harus memperhatikan Pro-growth working environment dan Psychological Empowerment untuk meningkatkan Followers Creative Performance. Peningkatan Pro-growth working environment diperlukan untuk bisnis startup sebagai mediasi Transformational Leadership untuk meningkatkan Followers Creative Performance. Hal ini dapat dicapai dengan memperhatikan aspek Progressive spirit: Togetherness.

 

Keywords: Transformational Leadership, Pro-Growth Working Environment, Entrepreneurial Values Based Development Interaction Capability, Psychological Empowerment, Followers Creative Performance, Startup.

Sources: http://repository.unair.ac.id/104931/

 

International Recognition

fiiba akreditasi feb unair
Logo Akreditasi 1 copy

aacb kecillamemba

ucapan

 

Kemitraan Global

kemitraan kemitraan
kemitraan kemitraan
kemitraan kemitraan
kemitraan kemitraan
kemitraan