Title: Dinamika Komunikasi Politik Di Kaskus Pada Periode Kampanye Pemilihan Presiden 5 Juni – 5 Juli 2014 (Studi Pada Aktifitas Kaskuser Di Forum Pencapresan Joko Widodo)

Authors: Muhammad Muhtadin Kholil

Item Type : Thesis (Thesis)

Affiliations: Program Studi Magister Sains Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia

Publisher: Universitas Airlangga

 

Abstract

Pemilihan umum (pemilu) merupakan suatu syarat dalam sistem demokrasi. Pada pemilihan presiden (pilpres) ke tujuh tahun 2014, mulai banyak penggunaan media jejaring sosial seperti facebook, twitter, whatsapps, blackberry messengers, dan forum diskusi Kaskus sebagai alat komunikasi yang efektif dalam menggalang dukungan massa. Dalam waktu yang relatif singkat, media sosial dapat mengumpulkan banyak pengikut. Penggunaan media sosial oleh para relawan dan pendukung tidak hanya sebagai alat mempromosikan para calon presiden/wakil presiden, namun juga melakukan kampanye hitam (black campaign) dan kampanye negatif (negative campaign) untuk menyerang dan menjatuhkan pasangan rival. Dinamika komunitas jejaring sosial memiliki karakteristik yang cair, kebebasan individu yang sangat besar, dapat digunakan oleh siapa saja dan kepentingan apa saja. Ekspresi di jejaring sosial Kaskus interaktif dan sangat beragam. Kaskus sarat akan dinamika (gerak) kekuatan yang dapat menimbulkan perubahan di tata kehidupan masyarakat yang bersangkutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dinamika komunikasi politik pendukung Joko Widodo di Kaskus pada periode kampanye pemilihan presiden 5 Juni � 5 Juli 2014. Metode penelitian metode kualitatif dengan pendekatan content analysis. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa hasil yang didapatkan di media sosial hanya dapat menumbuhkan kepercayaan pemilih tetapi bukan sebagai penentu kemenangan.

Keywords: social media, kaskus, dynamic, campaign, kaskuser

 

Sources: http://repository.unair.ac.id/39618/

 

International Recognition

fiiba akreditasi feb unair
Logo Akreditasi 1 copy

aacb kecillamemba

ucapan

 

Kemitraan Global

kemitraan kemitraan
kemitraan kemitraan
kemitraan kemitraan
kemitraan kemitraan
kemitraan