Title: RANCANGAN KEY PERFORMANCE INDICATOR (KPI) KARYAWAN TETAP MEKANIK GOLONGAN I - II BAGIAN INSTALASI PABRIK GULA SEMBORO PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XI (PERSERO)

Authors: MOCH. KAFI

Item Type : Thesis (Thesis)

Affiliations: Program Studi Magister Sains Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia

Publisher: Universitas Airlangga

 

Abstract

Sebagai perusahaan BUMN peninggalan Belanda yang terletak di pedesaan, kultur budaya feodal dan aristokrat masih kental terasa di semua aktivitas bisnis Pabrik Gula Semboro - PT. Perkebunan Nusantara XI (Persero). Dengan dilatarbelakangi oleh implementasi penilaian kinerja karyawan golongan I - II (pelaksana) di bagian Instalasi Pabrik Gula Semboro, penelitian kualitatif deskriptif analitik ini bertujuan mengevaluasi penilaian kinerja karyawan yang sekarang untuk menyusun Key Performance Indicator (KPI) bagi karyawan tetap mekanik golongan I - II bagian Instalasi PG. Semboro. Hasil evaluasi penilaian kinerja karyawan pelaksana yang sekarang yaitu menggunakan blanko (metode trait system) dan sistem rangking (metode comparison system tepatnya paired comparisons). Ada beberapa kekurangan, serta beberapa kelebihan pada sistem tersebut. Hal ini mengakibatkan belum tercerminnya kinerja sesungguhnya dari para ratee. Namun, hampir mayoritas rater menginginkan setiap ratee mempunyai KPI yang selaras dengan target perusahaan. Dengan metode goal oriented system dihasilkan KPI berupa: 1)frekuensi kerusakan mesin, 2)jam berhenti stasiun, 3)waktu penyelesaian perbaikan mesin menjelang giling, dan juga 4)absensi (kedisiplinan). Dengan mengimplementasikan hasil penelitian ini diharapkan performance appraisal karyawan tetap mekanik golongan I - II di bagian Instalasi Pabrik Gula Semboro, dapat lebih efektif dan membuat tujuan strategis perusahaan yang biasanya masih kabur bagi karyawan pelaksana, menjadi lebih konkret sehingga mempercepat proses pembelajaran organisasi.

Keywords: penilaian kinerja, Key Performance Indicator

 

Sources: http://repository.unair.ac.id/39584/

 

International Recognition

fiiba akreditasi feb unair
Logo Akreditasi 1 copy

aacb kecillamemba

ucapan

 

Kemitraan Global

kemitraan kemitraan
kemitraan kemitraan
kemitraan kemitraan
kemitraan kemitraan
kemitraan