Title: PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KOMITMEN ORGANISASIONAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Karyawan Bagian Tanaman Pabrik Gula Djatiroto Lumajang)

Authors: SANDY WARDHANA

Item Type : Thesis (Thesis)

Affiliations: Program Studi Magister Sains Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia

Publisher: Universitas Airlangga

 

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh kepuasan kerja dan motivasi terhadap kinerja dengan komitmen organisasional sebagai variabel intervening pada karyawan Bagian Tanaman Pabrik Gula Djatiroto. Kinerja karyawan dapat menurun karena kepuasan kerja dan motivasi bekerja karyawan menurun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik proportioned stratified random sampling di dalam pengumpulan data. Data diperoleh dengan melakukan survey terhadap 67 responden karyawan Bagian Tanaman Pabrik Gula Djatiroto. Metode analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan program SmartPLS v 2.0. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja, motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja, kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja dengan komitmen organisasional sebagai variabel intervening, dan motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja dengan komitmen organisasional sebagai variabel intervening. Variabel komitmen organisasional memediasi penuh (fully mediating) hubungan kepuasan kerja terhadap kinerja dan hubungan motivasi dengan kinerja.

Keywords: job satisfaction, motivation, organizational commitment, performance, Partial Least Square

 

Sources: http://repository.unair.ac.id/38596/

 

International Recognition

fiiba akreditasi feb unair
Logo Akreditasi 1 copy

aacb kecillamemba

ucapan

 

Kemitraan Global

kemitraan kemitraan
kemitraan kemitraan
kemitraan kemitraan
kemitraan kemitraan
kemitraan