Title: Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan

Authors: Auliya Zulfatillah

Affiliations: Program Magister Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia

Publisher: Universitas Airlangga

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah membuktikan secara empiris pengaruh penggunaan media sosial terhadap kinerja keuangan perusahaan. Kinerja keuangan diukur berdasarkan market-based performance dengan proksi market value of equity dan accounting-based performance dengan proksi return on equity. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, data diolah dengan multiple linear regression model untuk menganalisis pengaruh penggunaan media sosial terhadap kinerja keuangan perusahaan. Terdapat tiga cara untuk mengukur penggunaan media sosial, pertama dengan melihat ada atau tidaknya media sosial yang digunakan perusahaan, kedua dengan melihat media sosial berdasarkan jenis platform yang digunakan, ketiga mengukur penggunaan media sosial dengan proksi brand awareness, brand engagement, dan world of mouth. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penggunaan media sosial berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan perusahaan, perbedaan platfrom media sosial yang digunakan berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan, dan proksi world of mouth dalam penggunaan media sosial berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan di jangka pendek.

Keywords: media sosial, kinerja perusahaan

Sources: http://repository.unair.ac.id/94549/

 

International Recognition

fiiba akreditasi feb unair
Logo Akreditasi 1 copy

aacb kecillamemba

ucapan

 

Kemitraan Global

kemitraan kemitraan
kemitraan kemitraan
kemitraan kemitraan
kemitraan kemitraan
kemitraan