Title : Analisis Kerentanan Indikator Makroekonomi Untuk Deteksi Dini Krisis Nilai Tukar (Studi Kasus Pada Perekonomian Indonesia 1991-2018)
Author : Hadi Sutrisno
               Universitas Airlangga
Item Type : Thesis (Disertasi)

 

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan deteksi dini terhadap krisis nilai tukar di Indonesia dengan mengeksplorasi kerentanan variabel makroekonomi sebagai petunjuk/ sinyal ada atau tidak akan terjadinya krisis. Dalam menentukan periode krisis, penelitian ini menggunakan pemodelan EMPI (Exchange Market Price Index) dengan menetapkan ambang batas (treshold) pada nilai tertentu. Penentuan indikator dini dalam penelitian ini menggunakan pendekatan signal analysis agar diketahui tingkat kerentanan setiap variabel makroekonomi, selanjutnya digunakan untuk menentukan Leading Indicator didasarkan pada variabel makroekonomi yang paling rentan (empat indikator dini). Pendeteksian sinyal akan terjadinya krisis dengan dua pendekatan untuk melihat mana yang menghasilkan deteksi terbaik, yakni pendekatan Signal Analysis dan pendekatan Herrera-Garcia, dimana model keduanya mendasarkan pada Composite Index yang dihasilkan dari Leading Indicator. Hasil pemodelan keduanya disimpulkan bahwa pendekatan Signal Analysis menghasilkan signal dengan kinerja yang lebih baik dalam mendeteksi krisis dibandingkan dengan pendekatan Herrera-Garcia. Peranan faktor Fundamental dan Contagion Effect terhadap EMPI sebagai representasi dari krisis nilai tukar, pemodelan dilakukan dengan menggunakan Polinomial Distributed-Lag Model. Pemodelan dilakukan dengan membandingkan antara pelibatan seluruh varibel makroekonomi versus hanya melibatkan Leading Indicator dalam kaitannya dengan Fundamental. Pemodelan dengan melibatkan seluruh variabel makroekonomi menunjukkan bahwa baik faktor Fundamental maupun Contagion Effect berperan terhadap EMPI. Pemodelan dengan melibatkan Leading Indicator menunjukkan bahwa Contagion Effect tidak berperan secara significant terhadap EMPI, atau dengan kata lain Leading Indicator mempunyai peran yang sangat dominan dalam menentukan perilaku EMPI.

Keywords : Krisis Nilai Tukar, Exchange Market Price Index, Indikator Dini, Leading Indicator, Signal Analysis, Herrera-Garcia Model, Fundamental, Contagion Effect, Polinomial Distributed-Lag Model

 

Source : http://repository.unair.ac.id/id/eprint/104867

 

International Recognition

fiiba akreditasi feb unair
Logo Akreditasi 1 copy

aacb kecillamemba

ucapan

 

Kemitraan Global

kemitraan kemitraan
kemitraan kemitraan
kemitraan kemitraan
kemitraan kemitraan
kemitraan