Title : STRATEGI PEMASARAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM: Studi Usaha Kuliner Etnis Minang di Kota Palembang
Author : RINOL SUMANTRI
               Universitas Airlangga
Item Type : Thesis (Disertasi)

 

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemasaran strategis usaha kuliner etnis Minang di kota Palembang yang meliputi segmentasi, targeting, positioning (STP), mengetahui strategi marketing mix usaha kuliner etnis Minang di kota Palembang, dan konsep pemasaran Islam dalam perspektif pengusaha kuliner etnis Minang di kota Palembang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, menggunakan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa konsep pemasaran strategis usaha kuliner etnis Minang pertama, segmentasi, open all segment merupakan strategi segmentasi yang didasarkan kepada sifat etnis Minang yang demokratis, egaliter, dan sintetik dan motif mencari keuntungan bisnis. Dilihat dari perspektif pemasaran Islam, strategi tersebut merupakan implementasi karakter humanistik dan meraih keuntungan dengan cara ‘an tara>d}in minkum; targeting, menerapkan strategi diferentiated marketing berdasarkan kapasitas dan kapabilitas masing-masing. Dilihat dari perspektif pemasaran Islam, strategi tersebut merupakan implementasi sikap realistik dan azas memaksimalkan manfaat; positioning, menjaga citarasa menu dan pelayanan yang prima. Dilihat dari perspektif pemasaran Islam, strategi tersebut merupakan implementasi dari sikap berbisnis Rasulullah yaitu: amanah, jujur, dan terpercaya. Kedua strategi marketing mix: produk, strategi produk tersebut merupakan implementasi dari nilai-nilai budaya mereka yang demokratis, egaliter, dan sintetik. Ditinjau dari perspektif pemasaran Islam, strategi produk tersebut merupakan strategi pragmatism and product dan strategi dengan menu-menu yang halal; harga, merupakan strategi harga yang kompetitif dan terjangkau oleh konsumen. Ditinjau dari perspektif pemasaran Islam, strategi tersebut merupakan strategi dari konsep pallation and price dan memenuhi azas ‘an tara>d}in minkum; tempat, merupakan strategi yang mempermudah distribusi produk kepada konsumen yang membutuhkan. Ditinjau dari perspektif pemasaran Islam, strategi tersebut mengimplementasikan tujuan kegiatan distribusi memenuhi kemaslahatan umum, tidak menyimpang secara etika karena saluran distribusi produk tidak tertunda; promosi, strategi yang diterapkan mengedepankan efisiensi dan efektifitas. Ditinjau dari perspektif pemasaran Islam, memenuhi karakteristik pemasaran Islam yaitu etis, realistis, dan humanis, memenuhi unsur pertinence and promotion, tidak memberikan janji yang berlebihan. Ketiga, konsep pemasaran Islam perspektif pengusaha kuliner etnis Minang harus sesuai dengan nilai-nilai ekonomi Islam dan sesuai dengan ketentuan syari’ah. Hubungan nilai-nilai ekonomi Islam dan budaya Minang yang saling menguatkan disebut konsep pemasaran dialektis.

Keywords : Marketing, Islamic marketing, strategy, marketing mix.

 

Source : http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83911

 

International Recognition

fiiba akreditasi feb unair
Logo Akreditasi 1 copy

aacb kecillamemba

ucapan

 

Kemitraan Global

kemitraan kemitraan
kemitraan kemitraan
kemitraan kemitraan
kemitraan kemitraan
kemitraan