sobi feb unairSOBI merupakan program kerja yang berupa bimbingan kelas bisnis bagi anggota WEBS. School of Business Internal ini bertujuan untuk memberikan wadah kepada anggota WEBS aktif dalam merencanakan dan mengelola sebuah bisnis. Tema SOBI 2024 kali ini adalah “Corporate Finance”, diharapkan dengan mengusung tema ini anggota WEBS semakin paham bagaimana cara mengatur keuangan dengan efektif. SOBI tahun ini dibagi menjadi 3 sesi. SOBI pertama menghadirkan pembicara dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis untuk memberi materi “Corporate Finance” secara umum, diikuti dengan presentasi kelompok dari kasus yang diberikan. Selanjutnya, SOBI berkolaborasi dengan program kerja milik divisi ORG dan PR/IT yaitu BV & OV. Tujuannya untuk melihat langsung implementasi materi yang sudah didapatkan di SOBI hari pertama pada perusahaan yang akan dikunjungi. Untuk SOBI yang terakhir akan kita laksanakan mengikuti dengan program kerja besar WEBS yaitu WEBSVAGANZA. SOBI memfasilitasi berupa materi-materi yang berkaitan dengan persiapan WEBSVAGANZA tersebut.

Program School of Business Internal (SOBI) yang diselenggarakan oleh WEBS memiliki keterkaitan yang erat dengan tujuan-tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya SDG 4 (Pendidikan Berkualitas), SDG 8 (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi), dan SDG 17 (Kemitraan untuk Tujuan).
Sesuai dengan SDG 4, SOBI membantu meningkatkan kualitas pendidikan di dalam WEBS dengan menyediakan pelatihan dan workshop tentang aspek entrepeneurship dan bisnis. Melalui program ini, anggota WEBS dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengelola bisnis atau memulai usaha sendiri. Ini akan membantu meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan, dengan memberikan akses kepada anggota WEBS untuk pembelajaran yang relevan dan praktis di bidang bisnis.:
SOBI juga berkomitmen untuk mendukung pencapaian SDG 8 dengan membekali anggota WEBS dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi entrepreneur yang sukses. Dengan demikian, program ini tidak hanya membantu dalam menciptakan lapangan kerja bagi anggota WEBS sendiri melalui potensi memulai usaha sendiri, tetapi juga memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi secara lebih luas dengan meningkatkan jumlah dan kualitas pengusaha di dalam komunitas.
Sejalan dengan SDG 17, SOBI mempromosikan kemitraan dan kerjasama di antara anggota WEBS dengan menyediakan platform untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan sumber daya. Melalui kolaborasi dalam program ini, anggota WEBS dapat saling mendukung dan memperkuat satu sama lain dalam upaya mencapai visi dan misi WEBS. Selain itu, SOBI juga dapat berpotensi menjalin kemitraan dengan lembaga atau individu eksternal untuk menyediakan sumber daya tambahan atau mendukung pengembangan program yang lebih baik.