Internal Division Training (IDT)  adalah salah satu program kerja internal WEBS UNAIR yang dipertanggungjawabkan oleh divisi Human Resource Development (HRD) WEBS, yang merupakan program kerja awal kepengurusan yang bertujuan memberikan pemahaman yang mendalam bagi para anggota baru WEBS pada masing-masing divisi, dan peningkatan keahlian setiap anggota WEBS dari periode sebelumnya dalam melakukan peningkatan kualitas divisi masing-masing. IDT memiliki dua rangkaian, yaitu:

IDT Division yang ditujukan untuk meningkatkan keahlian, menggali minat dan bakat, juga memperbaiki kekurangan divisi berdasarkan evaluasi kinerja tahun lalu dengan memberikan wadah untuk mendatangkan pembicara dalam memberikan pelatihan dan menjawab permasalahan yang dirasakan masing-masing divisi pada saat yang tidak bersamaan. Untuk divisi Entrepreneur WEBS yang terdiri dari Advertising, Bursa, dan Catering berfokus untuk meningkatkan fungsi dan mempelajari strategi agar setiap divisi Entrepreneur WEBS menjalankan tugasnya dalam hal berbisnis. Sedangkan untuk divisi lainnya seperti Board of Director (BOD), Business Education, HRD, dan Organizer menyesuaikan tujuan masing-masing divisi dalam mencapai tujuan pengembangan yang lebih baik pada periode saat ini.

IDT WEBS yaitu ditujukan untuk keseluruhan anggota WEBS UNAIR pada periode yang bersangkutan yang dilakukan pada saat yang bersamaan, dengan memberikan pelatihan berdasarkan kebutuhan peningkatan keahlian yang lebih secara umum dan cocok untuk keseluruhan divisi. 

 

Program kerja Internal Division Training (IDT) yang diselenggarakan oleh WEBS UNAIR memiliki beberapa elemen yang relevan dengan beberapa Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Berikut adalah beberapa SDGs yang relevan dan penjelasannya:

- Tujuan 4: Pendidikan Berkualitas (Quality Education)

IDT Division dan IDT WEBS dapat berkontribusi pada tujuan ini dengan memberikan pelatihan dan peningkatan keahlian kepada anggota WEBS. Ini mendukung peningkatan kualitas pendidikan dan pembelajaran pada anggota WEBS berupa softskill maupun hardskill diluar dari ilmu yang didapat dari pembelajaran perkuliahan.

- Tujuan 8: Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi (Decent Work and Economic Growth)

IDT Division, khususnya dalam divisi Entrepreneur WEBS, dapat membantu dalam mempersiapkan anggota untuk bekerja secara efektif dalam dunia bisnis, yang pada gilirannya dapat mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

- Tujuan 17: Kemitraan untuk Tujuan (Partnerships for the Goals)

Program IDT melibatkan kolaborasi antar divisi dalam WEBS UNAIR, menciptakan kemitraan internal yang kuat untuk mencapai tujuan bersama dalam meningkatkan kualitas dan keterampilan anggota WEBS.

 

Pentingnya pelatihan dan pengembangan anggota organisasi seperti yang diusulkan dalam IDT juga dapat menciptakan dampak positif dalam mendukung tujuan-tujuan SDGs lainnya, seperti mengurangi ketidaksetaraan (SDG 10) dengan memberikan akses yang sama kepada anggota WEBS untuk pengembangan keterampilan, atau melindungi lingkungan (SDG 15) dengan meningkatkan kesadaran tentang praktik berkelanjutan.Penting untuk terus mengevaluasi dan menyesuaikan program seperti IDT dengan tujuan SDGs yang relevan dan memastikan bahwa upaya organisasi juga berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan secara keseluruhan.