hmma feb unair 2023ACTION merupakan kegiatan tahunan bagi mahasiswa baru Magister Akuntansi (MAKSI) dalam rangka mempererat tali persaudaraan dan menjalin solidaritas, dengan rasa kekeluargaan dan kebersamaan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Magister Akuntansi (HMMA) Universitas Airlangga. Melalui divisi human quality development yang memiliki visi mengembangkan kualitas sumber daya manusia unggul, ACTION 1.0 hadir dengan tujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk saling mengenal dan memahami sistem administrasi serta akademik Magister Akuntansi di Universitas Airlangga.

Acara akan diadakan offline dengan konsep outbound yang berupaya untuk mendorong kesadaran mahasiswa terhadap lingkungan dan memberikan dampak positif pada alam. Mengusung tema “Green Earth: Local Action, Global Impact”, kegiatan akan dilakukan pada ekowisata Mangrove Wonorejo. Tujuan utama dalam kegiatan ini adalah berupaya untuk meningkatkan kesadaran lingkungan di antara mahasiswa, memahami isu-isu lingkungan, dan membangun kepedulian terhadap alam serta sebagai wadah edukasi praktis untuk memberikan pengetahuan tentang keberlanjutan dan pelestarian lingkungan sesuai dengan konsep SDGs nomor 13 (climate action) dan 15 (life on land). Hal ini mendukung indikator 13.3.3 mengenai partisipasi dan rencana aksi untuk bencana dan indikator 13.3.4 yang menginformasikan dan mendukung pemerintah kota dalam menangani bencana akibat perubahan iklim, serta indikator 15.2.5 mengenai program edukasi dan pengabdian tentang pengelolaan lahan berkelanjutan untuk pariwisata dan 15.3.5 yang berkolaborasi dengan komunitas lokal untuk mengelola lahan ekosistem bersama.

Dengan demikian, mahasiswa diharapkan dapat membawa nilai-nilai keberlanjutan ini ke dalam kehidupan sehari-hari, baik selama masa studi mereka maupun setelah lulus dari program Magister Akuntansi. Dengan rangkaian tujuan ini, HMMA berharap bahwa kegiatan ACTION tidak hanya memberikan pengalaman yang berharga tetapi juga menciptakan dampak positif yang berkelanjutan pada kesadaran dan aksi lingkungan di kalangan mahasiswa.