MUSLIMAH FEB UNAIR 2024Muslimah Diary adalah agenda tahunan kemuslimahan Mosaic yang berbentuk ajang perlombaan khusus Muslimah yang diposting di sosial media yaitu Instagram. Ada satu sub lomba yaitu lomba membuat konten feed Instagram yang menarik. Agenda ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kreativitas Muslimah dan mengembangkan dakwah di masyarakat secara digital. Untuk Muslimah Diary bagian pertama ini terlaksana pada tanggal 13 Maret – 23 Maret 2024.
Sasaran peserta dari kegiatan Muslimah Diary ini adalah untuk Muslimah seluruh Indonesia, terutama Muslimah dari mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Pengerjaan konten feed instagram dan video podcast oleh peserta di tempat masing-masing dan dikumpulkan melalui instagram peserta dengan menandai akun @kemuslimahanmosaic. Pendaftaran peserta melalui link pendaftaran yang sudah disediakan.

Penjurian dilaksanakan secara voting dengan aspek penilaian yaitu 40% kreativitas, 30% kesesuaian konten dengan tema, 30% pesan moral. Ada dua pemenang dari masing-masing acara bidang perlombaan, pemenang tersebut diumumkan lewat postingan pada akun instagram @kemuslimahanmosaic dan mendapatkan reward dari panitia berupa uang tunai sebesar Rp150.000,- per orangnya.

Melalui kegiatan Muslimah Diary ini, Divisi Kemuslimahan Mosaic ingin menyoroti bahwa perempuan juga bisa mengembangkan kreativitasnya, serta menyebarkan dakwah Islami untuk kalangan umum. Pelaksanaan kegiatan ini sejalan dengan SDGs Tujuan ke 4 : Pendidikan Berkualitas (Quality Education) yaitu dengan melalui kegiatan Muslimah Diary, muslimah dapat memperoleh pendidikan berkualitas melalui kegiatan non-formal seperti membuat podcast dan juga feed instagram untuk mengembangkan kreativitas mereka dalam menyebarkan dakwah untuk masyarakat umum dan memberikan pengalaman baru yang tidak bisa didapatkan melalui pendidikan formal. Selain itu, melalui instagram, muslimah juga dapat dengan mudah saling berbagi informasi dan siapa saja dapat mengaksesnya.

Oleh karena itu, memanfaatkan platform instagram untuk kegiatan Muslimah Diary dinilai sebagai keputusan yang tepat, karena target kegiatan ini untuk seluruh muslimah tanpa dibatasi oleh asal, usia, maupun pekerjaan dan mendorong kesempatan belajar seumur hidup bagi semua orang khususnya para muslimah. Selain itu pelaksanaan program kerja ini turut mendukung terwujudnya SDGs tujuan ke 4 karena dengan memberikan kebebasan muslimah dalam berkarya, secara tidak langsung dapat sekaligus mendorong rasa kepercayaan diri seorang muslimah dalam menyampaikan pendapat, ide, dan pandangannya kepada masyarakat umum. Apabila hal ini berjalan secara berkelanjutan, maka akan meningkatkan kualitas pendidikan dari sumbangsih pemikiran-pemikiran para muslimah.