diklat mennengah kopma feb unairOptimalisasi kinerja koperasi melalui manajemen stakeholder eksternal yang efektif adalah proses mengidentifikasi, memahami, dan berinteraksi dengan pihak-pihak di luar koperasi yang memiliki kepentingan dan pengaruh terhadap koperasi tersebut. Manajemen stakeholder eksternal yang efektif melibatkan upaya kolaboratif untuk memenuhi kebutuhan dan harapan stakeholder, serta meminimalkan dampak negatif yang mungkin ditimbulkan.

Di era saat ini, persaingan semakin ketat sehingga tidak ada alasan bagi koperasi untuk stagnan serta berdiam diri tidak melakukan inovasi, terutama dikaitkan dengan sisi kepentingan menjadi soko guru perekonomian nasional. Dengan adanya semangat generasi millenial untuk berkolaborasi dalam inovasi guna pengembangan koperasi akan mampu menjawab tantangan dari segala permasalahan yang ada. Sehingga peran generasi milenial begitu penting untuk mewujudkan koperasi di Indonesia menjadi leading innovation sehingga dapat membantu memperbaiki keadaan ekonomi saat ini. Koperasi sebagai gerakan ekonomi rakyat maupun sebagai badan usaha yang didasarkan atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi akan menjadi sangat tepat bila dikolaborasikan dengan optimalisasi kinerja koperasi melalui manajemen stakeholder eksternal yang efektif melibatkan menciptakan manfaat saling menguntungkan bagi semua pihak terlibat. Dengan memenuhi kebutuhan dan harapan stakeholder, koperasi dapat memperoleh dukungan, kepercayaan, dan kemitraan yang kuat, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kinerja operasional dan finansial koperasi.

Dengan demikian, kami dari Koperasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga 2023 mengadakan acara Pendidikan dan Latihan Menengah Kopma FEB 2023 dengan tema "Optimalisasi Kinerja Koperasi Melalui Manajemen Stakeholder Eksternal yang Efektif". Acara ini merupakan salah satu kegiatan yang diharapkan dapat meningkatkan minat mahasiswa untuk berkoperasi dan menambah pengetahuan dalam bidang ekonomi koperasi.