diklat dasar feb unairPerjuangan untuk membawa koperasi di Indonesia menjadi lebih baik harus terus digalakkan beriringan dengan kemajuan era 5.0 dan juga digitalisasi. Revolusi ini akan membawa perubahan besar dalam kehidupan yang serba digital. Saat ini bahkan masih banyak koperasi yang berdiri namun kurang bahkan tidak aktif. Hal ini diakibatkan karena kurangnya dorongan atau perhatian dari pemerintah dalam membangun koperasi ke arah yang lebih maju.

Dewasa ini, persaingan semakin ketat sehingga tidak ada alasan bagi koperasi untuk stagnan serta berdiam diri tidak melakukan inovasi, terutama dikaitkan dengan sisi kepentingan menjadi soko guru perekonomian nasional. Dengan adanya semangat generasi millenial untuk berkolaborasi dalam inovasi guna pengembangan koperasi akan mampu menjawab tantangan dari segala permasalahan yang ada. Sehingga peran generasi milenial begitu penting untuk mewujudkan koperasi di Indonesia menjadi leading innovation sehingga dapat membantu memperbaiki keadaan ekonomi saat ini. Koperasi sebagai gerakan ekonomi rakyat maupun sebagai badan usaha yang didasarkan atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi akan menjadi sangat tepat bila dikolaborasikan dengan generasi millenial sebagai wadah untuk memperkuat diri dalam menghadapi tantangan baru di zaman globalisasi. Maka peran pemuda perlu dilibatkan dalam upaya penguatan yang didasari oleh semangat berkoperasi untuk bisa bersinergi menambah laju percepatan perekonomian Indonesia.

Dengan demikian, kami dari Koperasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga 2023 mengadakan acara Pendidikan dan Latihan Dasar Kopma FEB 2023 dengan tema “Transformasi Koperasi yang Berdaya Guna untuk Kemajuan di Era 5.0 dan Digitalisasi”. Acara ini merupakan salah satu kegiatan yang diharapkan dapat meningkatkan minat mahasiswa untuk berkoperasi dan menambah pengetahuan dalam bidang ekonomi koperasi serta digitalisasi.