Pendidikan dan Latihan Menengah Kopma FEB UNAIR 2022

 

Perjuangan untuk membawa koperasi di Indonesia menjadi lebih baik belum selesai karena masih menghadapi era revolusi industri 4.0. Revolusi ini akan membawa perubahan besar dalam kehidupan yang serba digital. Saat ini bahkan masih banyak koperasi yang berdiri namun tidak aktif. Hal ini diakibatkan karena kurangnya dorongan atau perhatian dari pemerintah dalam membangun koperasi ke arah yang lebih maju. Dengan adanya semangat generasi millenial untuk berkolaborasi dalam inovasi guna pengembangan koperasi akan mampu menjawab tantangan dari segala  permasalahan yang ada. Sehingga peran generasi milenial begitu penting untuk mewujudkan koperasi di Indonesia menjadi leading innovation sehingga dapat membantu memperbaiki keadaan ekonomi saat ini.

 

Koperasi sebagai gerakan ekonomi rakyat maupun sebagai badan usaha yang didasarkan atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi akan menjadi sangat tepat bila dikolaborasikan dengan generasi millenial sebagai wadah untuk memperkuat diri dalam menghadapi tantangan baru di zaman globalisasi. Maka peran pemuda perlu dilibatkan dalam upaya penguatan yang didasari oleh semangat berkoperasi untuk bisa bersinergi menambah laju percepatan perekonomian Indonesia. Untuk itu, kami dari Koperasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga 2022 bermaksud mengadakan acara Pendidikan dan Latihan Menengah Kopma FEB 2022 dengan tema “Koperasi Sebagai Wadah Pengembangan Usaha Mahasiswa”. 

 

Acara ini merupakan salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan minat mahasiswa untuk berkoperasi dan menambah pengetahuan dalam bidang ekonomi koperasi. Pembicara dalam acara ini adalah Luni Nanda, Shochrul Rohmatul Ajija, SE, M.Ec, dan Naning Poedji Rahayu, S.IP. Sabtu, Acara ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 19 November 2022 pukul 07.30 – 12.15 WIB secara online via Zoom Meeting. Harapannya setelah mengikuti kegiatan  ini, para peserta dapat meningkatkan pemahaman tentang koperasi dan distribusinya di era digitalisasi untuk perekonomian bagi mahasiswa pada umumnya dan bagi pengurus serta anggota KOPMEB pada khususnya.