Pada era modern saat ini, perkembangan teknolog! semakin cepat dan canggih. Perkembangan teknologi tersebut berdampak ke seluruh aspek kehidupan, baik dari segi sosial, budaya, maupun ekonomi. Untuk melakukan transformasi struktur dari tradisional ke modern dapat dilakukan dengan melihat keuntungan dan kemudahan yang diberikan oleh kemajuan teknologi. Dalam perkembangannya saat ini pun teknologi sedang memasuki era society 5.0 yang mana masyarakat dapat menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial dengan memanfaatkan beragam inovasi dari era sebelumnya. 

 

Segata keuntungan yang diberikan dari adanya perkembangan teknologi diharapkan juga dapat menunjang kegiatan perekonomian yang menjadi salah satu aspek penting dalam kehidupan masyarakat, tak terkecuali pada bidang perkoperasian. Koperasi-koperasi di indonesia saat ini pun harus bertransformasi mengatasi perkembangan zaman era society 5.0 dalam rangka memberdayakan dan mensejahterakan sumber daya manusia yang berada di dalamnya dengan berbasis ekonomi kreatif. Dalam hal Ini, perlu adanya penggerak transformasi yang mana dapat dilakukan oleh para pemuda Indonesia selaku generasi milenial yang melek akan teknologs. 

 

Para pemuda dapat memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mentransformasikan koperasi. Oleh karena itu, UKM Koperasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga hadir melalui acara Kopma Week 2022 dengan tema besar “Membangun Koperasi Modern berbasis Ekonomi Kreatif di Era Society 5.0. Kopma Week merupakan mega program kerja yang bertujuan sebagai edukasi dan ajang kompetisi mahasiswa maupun masyarakat umum dalam memberikan dukungan dan peran aktif terhadap perekonomian indonesia, khususnya pada bidang perkoperasian. Dengan diselenggarakannya Kopma Week 2022 diharapkan mampu meningkatkan kemampuan, kreativitas, dan prestasi para pihak yang terkait di dalamnya.