resach series feb unairMSEI Research Series merupakan inisiatif dari Himpunan Mahasiswa Magister Sains Ekonomi Islam, khususnya divisi Keilmuan Universitas Airlangga. Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan platform bagi mahasiswa sains ekonomi Islam agar dapat menjadi agen perubahan yang signifikan dalam menyebarkan pengetahuan ekonomi Islam serta memperkaya wacana akademik dan praktik ekonomi global. Acara ini terdiri dari lima pertemuan yang telah dirancang dalam sebuah kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa dalam penyusunan penelitian. Pertemuan-pertemuan ini diselenggarakan secara berkala dan menghadirkan narasumber yang berkompeten. Selain itu, output kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan artikel ilmiah yang siap dipublikasikan.
Kegiatan ini sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs), terutama pada poin 4 yang menekankan pentingnya pendidikan berkualitas dan poin 8 yang menyoroti pekerjaan layak serta pertumbuhan ekonomi yang inklusif. Poin 4 dari SDGs menekankan pentingnya akses universal terhadap pendidikan berkualitas yang merata, termasuk pendidikan tinggi, yang menjadi landasan bagi pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas dan berpotensi untuk memajukan masyarakat. Sementara itu, poin 8 menyoroti pentingnya pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif untuk menciptakan kesempatan bagi semua orang tanpa terkecuali. Dengan menyebarkan pengetahuan yang bermanfaat, diharapkan peserta mampu meningkatkan peluang untuk mengoptimalkan aktivitas riset dan publikasi yang mendukung perkembangan akademik dan karir di masa depan.
Dengan demikian, melalui kegiatan ini, mahasiswa akan berperan sebagai agen perubahan yang mempromosikan pendidikan berkualitas dan pertumbuhan ekonomi inklusif sesuai dengan SDGs. Mahasiswa juga akan berkontribusi pada kemajuan keilmuan Ekonomi Islam dengan menghasilkan penelitian dan publikasi yang relevan dan bermutu tinggi.
#mseiresearchseries2024
#mseiunair
#febsatu
#unairhebat