personal branding feb unair 2023Personal Branding and Career Mentoring (PBCM) merupakan salah satu program kerja dari divisi PSDM himpunan mahasiswa ekonomi Islam (HIMA EKIS) Universitas Airlangga periode 2023, yaitu rangkaian acara yang bertemakan “Membangun profesionalitas Kerja Mahasiswa dengan Kampus Merdeka” berisikan 2 agenda yang diselenggarakan secara offline dan online dalam kurun waktu selama 3 hari.

PBCM mewadahi mahasiswa yang mempunyai ketertarikan untuk mengikuti MBKM. PBCM akan dilaksanakan dalam 2 agenda, yaitu Seminar, Talkshow, dan Mentoring yang akan membahas tentang MBKM pada seminar secara offline. Sedangkan agenda mentoring akan mengangkat topik Critical Thinking and Problem Solving pada mentoring ke-1 secara offline dan topik Interview Practice pada mentoring ke-2 yang diadakan secara online.
Agenda pertama yaitu seminar akan dilaksanakan pada tanggal 16 Mei 2023 di Aula Fadjar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Kegiatan ini diisi dengan pemaparan materi oleh 2 pemateri dari eksternal dan juga internal yang menjelaskan tentang MBKM seperti bagaimana tata cara kita jika ingin mengikuti Magang MSIB MBKM, timeline MBKM, dan info seputar magang.

Pada agenda kedua yaitu mentoring ke-1 yang akan dilaksanakan pada tanggal 19 Mei 2023 di ruangan 207 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Kegiatan ini diisi dengan pemaparan materi mentoring pertama yaitu Critical Thinking and Problem Solving, penjelasan bagaimana dalam menyelesaikan suatu masalah, menentukan prioritas, dan bagaimana memposisikan diri dan menyikapi diri saat mengambil keputusan.

Selanjutnya pada agenda terakhir adalah mentoring ke-2 yang akan dilaksanakan secara online pada tanggal 23 Mei 2023 dalam zoom meeting. Kegiatan ini diisi dengan pemaparan materi dan juga praktek interview. Materi yang dipaparkan pada mentoring kedua akan lebih spesifik menjelaskan tentang hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan interview MBKM dan juga praktik secara langsung dengan mentor yang telah dipersiapkan.

Kegiatan ini dilaksanakan khusus untuk seluruh mahasiswa S1 Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga dengan tujuan memberikan informasi terkait personal branding yang baik dan mempersiapkan diri dalam memasuki dunia karir, di antara lain: mengetahui skill dasar di era Society 5.0, Mengetahui minat seseorang di bidang kerja yang sesuai dengan passion nya, Mengetahui fundamental perusahaan yang sehat. Acara ini mendukung SDGs nomor (4) yaitu Pendidikan berkualitas. Kegiatan ini menggarisbawahi pentingnya mutu pendidikan yang harus bersifat inklusif, relevan, dan memberikan keterampilan yang dibutuhkan untuk kehidupan produktif.