ECW merupakan salah satu program kerja besar yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan 2021. Program dengan tema kewirausahaan ini berada dibawah departemen kewirausahaan HIMA EP Unair.

Entrepreneurship and Career Workshop (ECW) merupakan sebuah acara yang dapat memberikan pengetahuan bagaimana menciptakan atau memasuki dunia bisnis dan memberikan wawasan serta skil dalam persiapan memasuki dunia kerja serta informasi pekerjaan bagi pencari kerja melalui pelatihan dan workshop. Selain bagi para pencari kerja, ECW juga dapat menambah pengetahuan bagi para mahasiswa yang ingin memulai bisnis sendiri. Pada tahun 2021 ini, ECW bertemakan “The Importance of Human Capital in the Professional World” yang terdiri atas 2 rangkaian acara, rangkaian pertama yaitu Web Seminar mengenai career dan entrepreneur. Rangkaian yang kedua adalah workshop. 

Pada tanggal 13 November 2021, telah berhasil dilaksanakan kegiatan webinar mengenai karir dengan tema “Optimizing your potential to compete in the professional world“ yang dilaksanakan dalam 2 sesi yaitu sesi pagi dan sesi sore.  Sesi pertama pada kegiatan ini adalah membahas mengenai career dengan judul “Establish your preeminence for a purposeful career journey”. Sedangkan sesi kedua membahas mengenai entrepreneurship dengan judul “Turn Your Potential to Solve Real-life Problem Through Entrepreneurship”.

Pada webinar kali ini, pada sesi pertama Webinar karir ECW  mengundang Chief People Officer  dari tiket.com yaitu Bapak Dudi Arisandi dan Country Head of Organization & Talent Development dari Lazada Indonesia yaitu Bapak Yanuar Kurniawan, dan dimoderatori oleh Dosen Departemen Ilmu Ekonomi Universitas Airlangga, Bapak Syaikh Rohman.

Pada webinar kali ini membahas bagaimana untuk mengoptimalkan keunggulan-keunggulan yang ada pada diri sendiri untuk meraih perjalanan karir kedepannya, selain itu juga dilakukan tanya jawab seputar karir bersama beliau berdua. Pada sesi 1 ini juga dihadiri ratusan peserta yang bergabung dari berbagai tempat di Indonesia.

Pada sesi kedua, dilanjutkan webinar mengenai entrepreneuship yaitu “Turn Your Potential to Solve Real-life Problem Through Entrepreneurship”, dimana pada sesi ini mengunang Co-Founder dan Chief Sustainability Officer dari Aruna Indonesia, yaitu kak Utari Octavianty, dan founder Hi Cups yaitu Kak Kathleen Gondoutomo, 

Pada sesi ini sesuai temanya, membahas berbagai pengembangan potensi yang ada disekitar kita untuk menyelesaikan permasalahan di kehidupan sehari-hari melalui kegiatan yang berbau entrepreneurship, seperti Kak Utari yang mengembangkan Aruna dari permasalahan nelayan yang sulit melakukan pemasaran produk tangkapannya.

Akhirkata, pada Webinar ECW ke 10 telah dapat berjalan dengan sukses, dan dihadiri oleh ratusan peserta dari berbagai daerah, semoga ilmu yang diberikan oleh pemateri-pemateri pada kegiatan tersebut dapat diaplikasikan oleh peserta di berbagai daerahnya masing-masing.