ECOVARE 2021 merupakan program dari Departemen Sosial Masyarakat dan Lingkungan (SOSMAL) Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan (HIMA EP) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga yang terdiri dari dua agenda, yakni agenda Serbung (Seratus Bungkus) dan Simpletalk (Psychology Implementation Talk). Ini semua ditujukan bagi seluruh civitas akademik Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga.

Simpletalk merupakan sebuah acara webinar yang diselenggarakan oleh Departemen Sosial, Masyarakat, dan Lingkungan Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Universitas Airlangga yang akan dilaksanakan untuk memperingati hari Kesehatan Mental Sedunia, yaitu pada tanggal 10 Oktober 2021. Pada tahun ini Simpletalk akan mengangkat tema Toxic Positivity dengan rangkaian acara berupa webinar dan sharing session.

Toxic Positivity merupakan sikap atau ucapan positif yang justru berdampak menjadi negatif, bisa disebabkan oleh orang lain disekitar kita bahkan bisa berasal dari diri kita sendiri yang masih jarang diketahui oleh banyak orang. Dampak yang didapatkan oleh Toxic Positivity pun bisa dikatakan tidaklah sepele karena masih banyak orang yang tidak bisa memaklumi perilaku Toxic Positivity yang didapatkannya. 

Toxic Positivity dapat terjadi karena orang yang sedang memiliki masalah hanya ingin dimengerti oleh orang sekitarnya, tetapi orang lain pun tidak mengerti bagaimana cara mengungkapkan penyemangat dengan sikap dan ucapan yang tepat. Akan tetapi, masih banyak juga orang yang memberikan dirinya sendiri toxic, yaitu selalu merasa baik walaupun sebenarnya perasaannya sedang sangat tidak baik-baik saja. 

Oleh karena itu, Webinar dan sharing session Simpletalk yang akan dilaksanakan untuk memperingati hari Kesehatan Mental Sedunia akan memberi wadah untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian mahasiswa serta masyarakat umum dalam menghindari perilaku Toxic Positivity pada kehidupan sehari-hari.

Hari, Tanggal : Minggu, 10 Oktober 2021

Waktu : 13.00 – 16.40 WIB

Tempat : Zoom Meeting