Pemuda sebagai penerus estafet kepemimpinan bangsa ini kedepan diharuskan dapat memberikan tindakan yang berarti untuk kemajuan bangsa dan negara, para pemuda harus mampu memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, memanfaatkan dengan ikhlas ilmu pengetahuan yang mereka miliki sehingga dapat membuat perubahan bangsa ini kearah yang lebih baik. Peran seperti itu tentunya mengharuskan sikap mandiri dalam setiap situasi dan kondisi sistem yang berlaku.
            Peranan mahasiswa tersebut akan lebih optimal apabila di organisir dalam sebuah wadah sebagai sarana penyatuan gerakan. Maka untuk itulah diperlukan adanya kegiatan UPGRADING, dalam rangka menambah wawasan dan pengetahuan bagi pengurus HIMA EP khususnya periode 2021 yang nantinya disiapkan untuk menjalankan roda organisasi sesuai tujuannya.
              Suatu badan organisasi tidak hanya sebagai tempat pengembangan mahasiswa yang berintelektual, namun juga pengembangan jiwa sosial kemasyarakatan. Teori yang diterima di bangku kuliah tentu saja perlu didukung dengan kemampuan berorganisasi untuk menunjang kompetensi yang dimiliki, dan hal yang terpenting adalah bagaimana implementasinya di masyarakat. Di dalam suatu organisasi tidak terlepas dari rasa kekeluargaan dan tolerasi sesama pengurus organisasi, karena dalam mengembangkan potensi yang dimiliki perlu adanya aspek tersebut. Dengan kegiatan UPGRADING sesama pengurus organisasi dapat saling berinteraksi dan mengetahui akan pengurus yang lainnya serta dapat mengetahui akan tanggung jawabnya masing-masing demi terwujudnya suatu organisasi yang bermanfaat baik di lingkup perkuliahan maupun masyarakat.