ekis cup 2023Perkembangan dunia olahraga di kalangan mahasiswa Universitas Airlangga pada umumnya telah mengalami peningkatan yang cukup memuaskan. Potensi-potensi dan bakat muda telah mulai bermunculan seiring dengan perkembangan dunia olahraga, hal ini tidak lepas dari peran serta dari beberapa pihak yang memberikan support dan ruang kepada para mahasiswa untuk mengaktualkan kreativitas dan sportivitas mereka dalam sebuah turnamen. Selain itu, euphoria dalam turnamen atau kompetisi juga dapat membangkitkan semangat pemuda khususnya dalam dunia olahraga sehingga mampu menjadi sebuah sarana bagi mahasiswa untuk meramaikan dengan cara ikut serta dan mendukung tim yang sedang berkompetisi.

Dengan demikian, untuk mewujudkan hal tersebut kami menganggap bahwa potensi-potensi yang telah dimiliki memerlukan ruang bagi para mahasiswa untuk dapat menyalurkan bakat yang dimilikinya. Sehingga perlu adanya kegiatan yang nyata dan dapat membangkitkan semangat serta kerja sama secara aktif, produktif dan edukatif untuk mewujudkan rasa kebersamaan. Dengan adanya Ekis Cup Internal dapat menjadi wadah untuk mahasiswa Ekonomi Islam yang diharapkan mampu membangkitkan semangat juang pemuda dalam mengembangkan bakatnya di bidang olahraga. Oleh karena itu, kami bermaksud untuk mengadakan sebuah kompetisi lomba secara offline dan online. Kompetisi yang diadakan kategori olahraga yaitu futsal, basket, badminton, dan tenis meja, serta kemudian kategori E-sport yaitu Mobile Legends, FIFA, dan valorant antar mahasiswa jurusan Ekonomi Islam pada tanggal 4 November - 19 November 2023. Dengan demikian, diharapkan dapat menumbuhkan semangat berkompetisi sehingga dapat mengembangkan jiwa kreativitas dan sportivitas mereka serta dapat lebih mempererat hubungan silaturahmi antar angkatan dalam jurusan Ekonomi Islam.

Acara ini berkaitan dengan poin 3 SDGs yaitu kehidupan sehat dan sejahtera karena acara ini berbasis kompetisi olahraga yang beragam sebagai wadah untuk menyalurkan hobi yang dapat menyehatkan tubuh. Selain itu acara ini juga berkaitan dengan poin 4 SDGs yaitu pendidikan berkualitas karena acara ini dapat menjadi wadah pengembangan sumber daya manusia dalam menyelenggarakan suatu event dan sebagai ajang untuk meningkatkan skills non akademik.

Pada tahun ini Ekis Cup Internal 2023 mengangkat tema "Escalation Of Expectation”. Pemilihan tema dilatarbelakangi oleh perkembangan zaman yang semakin canggih. Fenomena ini memberikan kami ekspektasi atau harapan berkembangnya dunia olahraga secara bertahap dapat meningkat dari waktu ke waktu. Dengan diadakannya suatu kompetisi olahraga di kalangan pemuda, kami berharap dapat menjadi agen perubahan generasi emas Indonesia.