fresh2023 feb unairFRESH (Friendship in Economic of Sharia) merupakan kegiatan pengenalan mahasiswa baru Ekonomi Islam melalui masa orientasi yang bertujuan untuk mengenalkan jurusan dan juga perkuliahan. Selain itu, FRESH juga bertujuan menanamkan nilai pada mahasiswa baru dengan realisasi mengimplementasikan nilai-nilai yang akan diusung di FRESH 2023. Dengan usungan tema dan mekanisme yang terukur, adanya kegiatan FRESH 2023 ini dapat meningkatkan mutu serta kualitas mahasiswa baru sebagai pijakan dalam kehidupan perkuliahan khususnya di jurusan Ekonomi Islam Universitas Airlangga. Rangkaian kegiatan FRESH 2023 akan dilaksanakan secara luring yang berlangsung selama 4 minggu, tepatnya pada tanggal 25 Agustus 2023, 2 September 2023, 16 September 2023, 23 September 2023 dan ditutup pada tanggal 30 September 2023.

Kegiatan pengenalan mahasiswa baru terhadap jurusan Ekonomi Islam disampaikan sebagai kegiatan pemberian materi terkait jurusan dan perkuliahan yang diadakan selama masa orientasi. Kegiatan ini dilakukan dengan interaksi dua arah dan pengimplementasian nilai dengan seluruh kegiatan yang mencakup agenda mingguan untuk menunjang penanaman nilai di FRESH 2023. Kegiatan FRESH 2023 akan membawa Grand Theme (Strength In Unity For Ekis) dengan harapan mahasiswa baru dapat menciptakan rasa kebersamaan dan rasa saling memiliki diantara mahasiswa baru Ekonomi Islam. Sehingga potensi yang terdapat dalam setiap mahasiswa dapat menjadi kekuatan untuk mampu berkontribusi secara positif, khususnya untuk EKIS UNAIR.

Rangkaian Kegiatan FRESH 2023 ini dimulai dengan sambutan Mahasiswa Baru Angkatan 2023 pada tanggal 25 Agustus 2023, kemudian dilanjut dengan Day 1 (2 September 2023) dengan konsep dalam acara tersebut seminar sebagai proyeksi potensi dan posisi Ekonomi Islam UNAIR dan juga menyediakan FGD (Focus Group Discussion), Day 2 (16 September 2023) akan diadakan di luar kampus dengan kegiatan outbound yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai Ekonomi Islam dalam bentuk fun games serta menjadikan Mahasiswa Baru Angkatan 2023 yang solid, Day 3 (23 September 2023) akan diadakan kegiatan mewadahi mahasiswa baru untuk menampilkan produk bisnis yang telah dirancang setiap kelompoknya sebagai bentuk melatih kekreatifan dan kerjasama mahasiswa baru. Kemudian terakhir, ditutup dengan Closing Party (30 September 2023) di mana Mahasiswa Baru akan dilepas untuk menghadapi dunia perkuliahan dan memiliki bekal yang cukup dari seluruh kegiatan FRESH 2023.
Pada seluruh rangkaian kegiatan FRESH 2023, kami mengonsepkan dengan poin SDGs Pendidikan Berkualitas serta atas dasar dimensi 4C (creativity, critical thinking, collaboration, communication) sehingga dapat mempersiapkan proyeksi dan potensi Mahasiswa Baru untuk beberapa tahun kedepan khususnya di Jurusan Ekonomi Islam Universitas Airlangga.

Seluruh Rangkaian kegiatan FRESH 2023 akan bertempat di sekitar Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Airlangga dan satu kegiatan yang bertempat di luar kampus, kegiatan FRESH 2023 ini akan dipungut biaya untuk Mahasiswa Baru untuk akomodasi pada saat diluar kampus dan juga konsumsi pada seluruh rangkaian kegiatan FRESH 2023 berlangsung yang bertujuan untuk keberlangsungan dan kelancaran seluruh kegiatan FRESH 2023 nantinya.