dialektika eksternalDialog Ekonomi Bakti Akademika (Dialektika) Eksternal merupakan acara tahunan yang dilaksanakan sebanyak dua kali oleh himpunan mahasiswa ekonomi Islam Universitas Airlangga. Acara ini memiliki tujuan sebagai forum diskusi dalam rangka membahas isu-isu kontemporer ekonomi Islam untuk menumbuhkan, mengadaptasikan, dan mensosialisasikan ekonomi Islam lebih luas. Pada tahun 2023, tema yang akan diangkat pada acara Dialog Ekonomi Bakti Akademika (Dialektika) Eksternal yang pertama kali ini adalah “Pengembangan Industri Halal Daerah di Tengah Keterbatasan APBD”.

Acara ini dilaksanakan secara online melalui Zoom Meeting tanpa adanya tarif yang dikenakan, dan akan diadakan pada tanggal 28 Mei 2023 dari jam 09.00 sampai 11.00 WIB. Adapun narasumber pada webinar kali ini adalah pembicara dari pihak eksternal yang berkaitan dengan tema yang diajukan, yakni KNEKS. Acara ini berkaitan dengan SDGs nomor 1, 3, 6, 7, 8, 9, 12, 17. Oleh karena itu, kami mengundang pembicara dari pihak KNEKS karena pengembangan sektor industri halal adalah salah satu master plan pengembangan ekonomi syariah dan dilaksanakan perwujudannya melalui program reguler dan strategis dari KNEKS demi tercapainya SDGs.
Diharapkan keikutsertaan peserta dalam kegiatan ini akan meningkatkan awareness peserta terhadap isu-isu dan inovasi kontemporer ekonomi Islam terkait potensi, skema, dan operasional pendanaan terutama blended financing dalam ekonomi Islam untuk mengembangkan industri halal di tengah keterbatasan APBD