iqtisdho feb unairIqtishoduna merupakan aktualisasi ikhtiar Mahasiswa Ekonomi Islam yang diinisiasi oleh Himpunan Mahasiswa Ekonomi Islam untuk memperjuangkan kesuksesan sekaligus berkontribusi dalam perkembangan Ekonomi Islam. Selain itu, juga ditujukan untuk mendakwahkan Ekonomi Islam ke berbagai lapisan masyarakat yang tertuang dalam berbagai rangkaian acara yang disusun agar masyarakat dengan latar belakang apapun dapat mengenal dan berkontribusi dalam perkembangan Ekonomi Islam.
Iqtishoduna 2023 sebagai acara berskala nasional hadir dengan mengangkat grand theme “Recalling Indonesian Sharia Economics Existence through The Role of Youth Generation : in Search of the Great and Brilliant Pioneer” dan menyajikan berbagai transformasi di beberapa rangkaian acaranya guna mencapai output dengan lebih optimal. Iqtishoduna memiliki 3 rangkaian acara yang disasarkan untuk kaum muda dan juga masyarakat umum, diantaranya :

a. Airlangga Iqtishoduna Sport Competition (AISCO) merupakan ajang perlombaan cabor Futsal, Basket, ML Tingkat SMA/SMK sederajat. Kegiatan ini dilaksanakan pada 5 Agustus -31 Agustus 2023 dengan sistem offline. Kegiatan ini dijadikan sebagai sarana bagi peserta untuk mengembangkan bakat kreativitas dan sportivitas mereka. Di samping itu, kegiatan ini juga bermanfaat untuk memperkenalkan Ekonomi islam lebih luas lagi melalui perlombaan non akademik yang dilaksanakan dan konten-konten yang dipublikasikan di seluruh media sosial. Kegiatan Airlangga Iqtishoduna Sport Competition (AISCO) ini dilaksanakan dengan sistem futsal dan basket secara offline dan Mobile Legend secara online dengan mengangkat grand theme yang bertajuk “Spirit of Youth Development for incredible prodigy”.
b. Airlangga Iqtishoduna Youth Education and Literature (AIYEL) merupakan Gabungan dari SEO dan AICB bertransformasi menjadi Airlangga Iqtishoduna Youth Education and Literature (AIYEL) yang merupakan salah satu dari serangkaian acara IQTISHODUNA yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Ekonomi Islam Universitas Airlangga periode 2023. Menjadi salah satu cara untuk mencapai grand theme yakni “Instilling Literacy for Youth Generation in Nowadays Sharia Economics Phenomenon”. Pengumuman Airlangga Iqtishoduna Youth Education and Literature (AIYEL) akan diselenggarakan pada acara Airlangga Iqtishoduna Sharia Festival (AISF). Kegiatan ini terbagi menjadi tiga, yaitu: Call for Paper, Business Case, dan Islamic Economic Olympiad. Kegiatan ini dilaksanakan pada 5 Oktober - 7 Oktober 2023 dengan sistem offline.
c. Airlangga Iqtishoduna Sharia Festival (AISF) sebagai puncak acara Iqtishoduna akan menghadirkan talkshow dengan narasumber kompeten dan mumpuni di bidangnya, pameran dengan tenant-tenant produk dan bisnis syariah, dan pelbagai ajang perlombaan budaya Islam. Penyelenggaraan sub acara ini pada tanggal 7 Oktober 2023 dengan sistem offline tepatnya di Balai Pemuda Surabaya, sasaran dari sub acara ini menyasar khalayak umum untuk mengetahui lebih mendalam mengenai Ekonomi Islam dari berbagai sisi dan tidak dipungut biaya.

Acara ini berkaitan dengan pengoptimalan SDGs nomor 4 yakni Pendidikan Berkualitas dengan menghadirkan berbagai ajang perlombaan dan media pengembangan skill khususnya penalaran dan kepenulisan yang menjangkau seluruh generasi muda mulai dari Siswa/i SMA/SMK/MA sederajat hingga Mahasiswa/i S1/D3 aktif dengan terselenggaranya Airlangga Iqtishoduna Sport Competition (AISCO) dan Airlangga Iqtishoduna Youth Education and Literature (AIYEL). Airlangga Iqtishoduna Sharia Festival (AISF) juga ikut serta dalam mengoptimalkan SDGs nomor 8 Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi dengan menyediakan tenant - tenant produk dan bisnis syariah yang secara tidak langsung dapat mendorong juga mendukung kemitraan-kemitraan yang ada lebih efektif untuk pertumbuhan ekonomi khususnya Ekonomi Islam.