Sosialisasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Hingga Praktik Bersama Ketua Forum BUMDES Jawa Timur Guna Kembangkan Potensi Desa Wonosalam dalam Program Ekis Goes to Desa (EGD) 2022

 

Himpunan Mahasiswa Ekonomi Islam memliki beberapa program besar yang dilaksanakan tahun ini, salah satunya adalah Ekis Goes to Desa (EGD) 2022. Ekis Goes to Desa (EGD) merupakan program sejenis abdi desa yang diikuti oleh mahasiswa Ekonomi Islam Universitas Airlangga. Tahun ini, EGD 2022 mengangkat tema “Elaborasi pengembangan dan pemanfaatan sumber daya alam dan sumber daya manusia di Dusun Mangirejo, Desa Wonosalam, Jombang, Jawa Timur dalam aspek kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan ekonomi guna meningkatkan sociopreneur dan environmental awareness”. Melalui kegiatan ini, panitia berkontribusi secara langsung kepada masyarakat Dusun Mangirejo, Desa Wonosalam khususnya dalam membangun serta mengembangkan potensi desa, baik dari sektor ekonomi, pendidikan, lingkungan, maupun kesehatan.

Panitia sub acara ekonomi pada tanggal 24 Juli 2022 melaksanakan program Sosialisasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) untuk warga Desa Wonosalam. Ketua Forum BUMDES Jawa Timur, Bu Erina Sudaryati Dra., MS., Ak., CMA., CA diundang untuk mengisi sosialisasi tersebut. Kegiatan yang dilakukan dalam program ini selain sosialisasi ialah praktik dengan membentuk kelompok kecil dari para warga yang hadir untuk melakukan brainstorming guna menghasilkan usaha desa yang dapat menarik pengunjung. Setiap kelompok diminta memikirkan potensi Desa Wonosalam dan membuat rancangan program apa saja yang bisa dilaksanakan untuk mengembangkan potensi yang ada. 

Konsep tersebut diangkat untuk memberikan wawasan dan kesadaran kepada warga Desa Wonosalam sehingga dapat memaksimalkan SDA yang ada di Desa Wonosalam menjadi suatu usaha yang menghasilkan keuntungan untuk menunjang ekonomi desa tersebut. Program sosialisi ini berkaitan dengan pengoptimalan SDGs nomor 8 yakni Pekerjaan yang Layak dan Pertumbuhan Ekonomi  yang ditujukan untuk warga Desa Wonosalam. 

#FEBMENDUKUNGSDGSNO8