STUDENT OUTBOUND 2022: Mahasiswa S3 Ilmu Ekonomi Islam go to Malaysia

 

Malaysia adalah salah satu Negara pelopor yang mendukung perkembangan keuangan Syariah Global. Sehingga Malaysia berperan aktif menjadi salah satu pusat pembelajaran keuangan syariah dunia dengan membentuk program studi berkaitan dengan keuangan syariah di universitas-universitas ternama mereka. 

 

Departemen Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB UNAIR) telah bekerjasama dengan universitas-universitas di Malaysia. Kerjasama ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas kerjasama tri dharma perguruan tinggi berupa academic peerlist, joint research, dan pendalaman penelusuran sumber-sumber riset bagi mahasiswa doctoral FEB UNAIR.

 

Student Outbound 2022 merupakan program yang bertujuan memberikan kesempatan kepada Mahasiswa S3 Ilmu Ekonomi Islam untuk memperkaya informasi terkait topik disertasi hingga dapat meningkatkan kualitas disertasi. Program ini dilaksanakan pada tanggal 26 September hingga 5 Oktober 2022 dengan mengunjungi 3 universitas dan 1 lembaga internasional yaitu INCEIF University, Universitas Sains Islam Malaysia (USIM), Universiti Sultan Azlan Shah (USAS) dan Islamic Financial Services Board (IFSB). Kegiatan ini diikuti oleh 2 orang Mahasiswa yaitu Lusiana Handayani dan Syafrina Machfud. Kedua deligasi akan melakukan pendalaman materi/isu terkait tata kelola wakaf dan Geopolitical Islamic Economic.

 

Kegiatan ini juga turut membantu Universitas Airlangga dalam mencapai poin SDGs nomor 4 yakni Quality Education karena kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan potensi dan memperluas wawasan mahasiswa serta ajang transfer teknologi sesuai dengan program studinya. Dengan mengikuti program pertukaran pelajar, mahasiswa dapat bertemu dengan mahasiswa dan akademisi lainnya dari berbagai negara di dunia.