TIM EKIS FEB UNAIR TERPILIH MENJADI PRESENTER PADA 6TH ISLAMIC FINANCE BANKING & BUSINESS, AND ETHICS (IFBBE) GLOBAL CONFERENCE 2022 DI KUALA LUMPUR, MALAYSIA

 

Tim dari Departemen Ekonomi Islam FEB UNAIR kembali mendapatkan kesempatan untuk melakukan presentasi langsung pada 6th Islamic Finance, Banking & Business Ethics Global Conference (IFBBE) 2022. Ini merupakan kali kedua tim berkesempatan mempresentasikan karya ilmiahnya di ranah global setelah kesempatan pertama di Awal Mei lalu. Sebagaimana agenda konferensi pada umumnya, tim telah melalui beberapa tahapan sebelum mendapatkan notifikasi penerimaan paper dari pihak penyelenggara. 

Kegiatan serua ini tentu turut membantu Universitas Airlangga dalam mencapai poin SDGs nomor 4 yakni pendidikan berkualitas. Sejalan dengan hal itu, kegiatan ini bertujuan sebagai sarana edukasi dan bertukar pikiran bagi para Mahasiswa dan akademisi dari berbagai negara di dunia. Hal utama dalam mewujudkan pengembangan keilmuan selain dana dan fasilitas ialah sumber daya manusia (SDM). Mengikuti kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk mengembangkan potensi SDM di Indonesia guna mewujudkan tujuan SDGs tersebut.

Tim ini kembali beranggotakan 1 Dosen dan 2 mahasiswi aktif Departemen Ekonomi Islam FEB UNAIR. Mereka adalah Dr. Dina Fitrisia Septiarini, S.E., MM.,Ak, Mir'atun Nisa', dan Putri Pramita. Ketiganya berkesempatan untuk melakukan presentasi langsung di kampus penyelenggara IFBBE 2022, yaitu International Centre For Education In Islamic Finance (INCEIF University) Kuala Lumpur, Malaysia. Puncak acara ini akan dilaksanakan pada 5-6 September 2022. 

Penyelenggaraan konferensi kali ini menjadi menarik karena bersamaan dengan penyelenggaraan  14th International Conference on Islamic Economics & Finance yang merupakan ajang pertemuan berbagai tokoh ekonom Muslim dunia dan telah menghasilkan berbagai program berkaitan dengan Ekonomi Islam global. Dengan mengangkat tema utama “Inclusion, Ethics and Sustainable Finance for Global Resilience”, acara in berusaha mengaitkan potensi Ekonomi Islam dengan tuntutan Keberlanjutan untuk mencapai Ketangguhan Ekonomi Global. 

Topik yang menjadi pembahasan dalam IFBBE 2022 ini antara lain yaitu Financial Inclusion and Socio-economic Outcomes, Financial Inclusion and the Economic/Social Impact of Uncertainty, Ethics and cost of capital, Ethical investment and sustainability, Islamic and Responsible Finance Synergy, dan Risk and return performance. Tim dari departemen EKIS FEB UNAIR ini mengangkat isu terkait Faktor yang mempengaruhi Niat seseorang dalam berwakaf tunai demi mencapai keberlanjutan gerakan wakaf. 

 

Besar harapannya, paper yang dipresentasikan oleh tim dari Departemen EKIS FEB UNAIR dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan keilmuan dan Dakwah Ekonomi Islam Internasional. Paper yang telah dipresentasikan juga akan diikutkan dalam Proses publikasi menjadi jurnal Internasional yang diterbitkan oleh penyelenggara nantinya.