FRESH 2022: Islamic Economics Identity For Incredible Ability

FRESH (Friendship in Economic of Sharia) merupakan kegiatan pengenalan mahasiswa baru Ekonomi Islam melalui masa orientasi yang bertujuan untuk mengenalkan jurusan dan juga perkuliahan. Selain itu, FRESH juga bertujuan menanamkan nilai pada mahasiswa baru dengan realisasi mengimplementasikan nilai nilai yang akan diusung di FRESH 2022. FRESH 2022 dengan usungan tema dan mekanisme yang terukur sehingga dapat meningkatkan mutu serta kualitas mahasiswa baru sebagai pijakan dalam kehidupan perkuliahan khususnya di jurusan Ekonomi Islam Universitas Airlangga. Rangkaian kegiatan FRESH 2022 akan dilaksanakan secara luring yang berlangsung selama 4 minggu, tepatnya  pada tanggal 27 Agustus 2022, 3 September 2022, 10 September 2022, 17 September 2022 dan ditutup pada tanggal 24 September 2022.

Kegiatan pengenalan mahasiswa baru terhadap jurusan Ekonomi Islam melalui kegiatan pemberian materi terkait jurusan dan perkuliahan yang diadakan selama masa orientasi. Kegiatan ini dilakukan dengan interaksi dua arah dan pengimplementasian nilai dengan seluruh kegiatan yang mencakup agenda mingguan untuk menunjang penanaman nilai di FRESH 2022. Kegiatan FRESH 2022 akan membawa Grand Theme (Islamic Economics Identity For Incredible Ability) dengan harapan mahasiswa baru dapat mengenal dan menjadi pribadi yang beridentitas ekonomi islam yang adaptif serta memiliki integritas tersendiri dalam dunia perkuliahan yang akan mereka hadapi. 

Rangkaian Kegiatan FRESH 2022 dimulai dengan sambutan Mahasiswa Baru Angkatan 2022 pada tanggal 27 Agustus 2022 dilanjut dengan Day 1  (3 September 2022) dengan konsep dalam acara tersebut ialah penyampaian materi oleh perwakilan dosen Ekonomi Islam Universitas Airlangga, Mahasiswa Ekonomi Islam Berprestasi dalam bidang akademik dan non akademik, dan Alumni Mahasiswa Ekonomi Islam yang berprestasi, Day 2 (10 September 2022) akan diadakan di luar kampus dengan kegiatan outbound yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai Ekonomi Islam dalam bentuk fun games serta menjadikan Mahasiswa Baru Angkatan 2022 yang solid, Day 3 (17 September 2022) akan diadakan kegiatan praktek akad transaksi syariah dengan tujuan untuk mengenalkan kepada Mahasiswa Baru mengenai dasar pengetahuan Ekonomi Islam khususnya dalam pengaplikasian akad. Lalu ditutup dengan Closing Party (24 September 2022) dimana Mahasiswa Baru akan dilepas untuk menghadapi dunia perkuliahan dan memiliki bekal yang cukup dari seluruh kegiatan FRESH 2022. 

Pada seluruh rangkaian kegiatan FRESH 2022, kami mengonsepkan dengan poin SDGs Pendidikan Berkualitas serta atas dasar dimensi 4C (creativity, critical thinking, collaboration, communication) sehingga dapat mempersiapkan proyeksi dan potensi Mahasiswa Baru untuk beberapa tahun kedepan khususnya di Jurusan Ekonomi Islam Universitas Airlangga. 

Seluruh Rangkaian kegiatan FRESH 2022 akan bertempat di sekitar Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Airlangga dan satu kegiatan yang bertempat di luar kampus, kegiatan FRESH 2022 ini akan dipungut biaya untuk Mahasiswa Baru untuk akomodasi pada saat diluar kampus dan juga konsumsi pada seluruh rangkaian kegiatan FRESH 2022 berlangsung yang bertujuan untuk keberlangsungan dan kelancaran seluruh kegiatan FRESH 2022 nantinya.