PBCM (Personal Branding and Career Mentoring) merupakan suatu program webinar yang diadakan dari divisi PSDM Himpunan Mahasiswa Ekonomi Islam Universitas Airlangga. Kegiatan PBCM ini dilaksanakan secara online melalui zoom meeting pada tanggal 29 Mei 2022 dengan segmentasi mahasiswa aktif Ekonomi Islam Universitas Airlangga

Personal Branding sendiri merupakan proses pembentukan persepsi masyarakat atau publik terhadap aspek yang dimiliki seseorang. Aspek ini meliputi kepribadian, kemampuan, nilai, serta persepsi positif yang ditimbulkan atau ada dalam diri individu yang bertujuan untuk mempengaruhi persepsi orang lain mengenai nilai serta kualitas diri yang dimiliki. Career Mentoring merupakan proses yang menggunakan berbagai aspek termasuk kemahiran oleh orang yang berpengalaman melalui bimbingan, pendidikan dan latihan dengan tujuan pembelajaran. Sederhananya, program di mana peserta akan dibantu oleh seorang mentor untuk hal-hal yang berhubungan dengan karir. Sehingga harapan dengan diadakannya kegiatan PBCM ini yaitu, peserta dapat mengetahui skill dasar di era society 5.0, mengetahui minat seseorang di bidang kerja yang sesuai dengan passion-nya, dan mengetahui fundamental perusahaan yang sehat.

Tema yang akan dibawakan untuk Personal Branding yaitu Knowing Basic Potential Skill in Society 5.0, dengan bahasan topik mengenai cara mempromosikan diri secara profesional dalam membangun karir dan mengembangkan program Society 5.0 yaitu 4C (creativity, critical thinking, communication, and collaboration) yang bertujuan untuk mempersiapkan diri untuk menjadi sumber daya manusia yang unggul di tengah persaingan global, serta lebih terarah dan lebih mudah dalam mencapai kesuksesan yang sudah ditetapkan. Sedangkan untuk tema Career Mentoring yaitu Finds Way to Through Worked World, dengan bahasan topik cara menentukan perusahaan yang baik dengan analisis fundamental dan track record perusahaan yang dimiliki, mempersiapkan diri untuk menghadapi interview kerja, serta kualifikasi umum yang dicari HRD dalam merekrut pekerja.

Untuk bentuk acara kali ini pemaparan materi PBCM akan dipaparkan oleh pembicara Devita Septiana Prastiwi yang merupakan Internal Audit BUMN, PT Garam (Persero) dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab serta penyerahan sertifikat pembicara. Acara ini berkaitan dengan SDGs 8 yaitu pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi karena acara ini mendatangkan narasumber yang bekerja di BUMN dan memberikan manfaat bagi pendaftar sebagai bekal ilmu untuk mendaftar pekerjaan di masa depan dan tentunya acara ini tidak dipungut biaya sama sekali.