EKSPECTANICA

 

Ekspectanica adalah salah satu program kerja dari divisi seni dan olahraga Himpunan Mahasiswa Ekonomi Islam Universitas Airlangga periode 2022. Acara ini merupakan hasil penggabungan dari acara yang ada pada periode sebelumnya yaitu, Ekis Cup Eksternal dan Ekis Got Talent. Pada tahun ini kedua acara tersebut menyatu menjadi sebuah acara yang berjudul “Ekspectanica”, serta terdapat satu tambahan sub acara yaitu Ekis Film Fotografi Festival.

Ekis Cup Eksternal merupakan salah satu sub acara dari Ekspectanica. Ekis Cup Eksternal yang biasa di sebut ECE adalah kompetisi nasional tingkat SMA/MA/MK sederajat yang meliputi seluruh daerah di Indonesia, khususnya provinsi Jawa Timur. Ekis Cup Eksternal tahun ini akan ada 4 cabang perlombaan yang dikompetisikan, yaitu mobile legends, PUBG mobile, basket dan futsal. Pada cabang perlombaan mobile legends dan PUBG mobile akan dilaksanakan secara daring dan untuk cabang perlombaan basket dan futsal akan dilaksanakan secara luring. Ekis Cup Eksternal akan dilaksanakan mulai tanggal 30 agustus sampai 11 september 2022.

Ekis Got Talent (EGT) merupakan kompetisi band yang diselenggarakan untuk SMA/MA/MK sederajat. Ekis Got Talent akan dilaksanakan dalam dua babak, yaitu  babak penyisihan secara daring dan dilaksanakan secara luring pada babak semi final dan final. Babak semi final akan dilaksanakan pada tanggal 17 september 2022

Ekis Film Fotografi Festival (EF3) adalah kompetisi nasional tingkat SMA/MA/MK sederajat yang meliputi seluruh daerah di Indonesia, khususnya provinsi Jawa Timur. Acara akan dilaksanakan secara daring di babak penyisihan dan akan ada 10 film terbaik yang akan diputar secara luring. Pada pemutaran film tersebut juga terdapat pameran dari hasil fotografi seluruh peserta. Pelaksanaan pemutaran film secara luring akan dilaksanakan pada tanggal 24 september 2022.

Pada Ekspectanica juga akan ada acara bakti sosial sebagai bentuk kepedulian kita kepada lingkungan sekitar. Acara bakti sosial akan di bagi menjadi dua, yaitu “Sarapan itu Penting”, merupakan aksi berbagi sarapan kepada masyarakat umum, khususnya buruh harian dan “Sahabat Bumi” yang merupakan aksi mengurangi sampah plastik dengan membuat gerakan 3 sampah plastik dari masyarakat bisa di tukarkan dengan susu kemasan dan roti.

Tujuan utama dari acara ini adalah memperkenalkan ekonomi Islam kepada masyarakat umum melalui kegiatan seni dan olahraga, dan acara ini diharapkan mampu melahirkan para juara kompetisi yang memiliki ketertarikan kepada ekonomi Islam. Acara ini berkaitan dengan SDGs nomor 4 yaitu pendidikan berkualitas karna mengedukasi untuk meningkatkan skills non akademik dan juga hobi.