TIM EKIS FEB UNAIR TERPILIH MENJADI PRESENTER PADA 3RD INTERNATIONAL CONGRESS ON ISLAMIC FINANCE AND ACCOUNTING (IIFAC) 2022 DI GAZIANTEP, TURKIYE

 

Tim dari Departemen Ekonomi Islam FEB UNAIR mendapatkan kesempatan untuk melakukan presentasi langsung pada 3rd International Congress on Islamic Finance and Accounting (IIFAC) 2022. Sebelum mendapatkan undangan dari penyelenggara untuk melakukan oral presentation, tim telah terlebih dahulu mengirimkan extended abstract pada akhir April lalu. Setelah itu, tim diminta untuk melakukan pembayaran sebagai syarat keikutsertaan kegiatan. 

Acara ini berkaitan dengan SDGs nomor 4 yakni pendidikan berkualitas. Sejalan dengan hal itu, kegiatan ini bertujuan sebagai sarana edukasi dan bertukar pikiran bagi para Mahasiswa dan akademisi dari berbagai negara di dunia. Hal utama dalam mewujudkan pengembangan keilmuan selain dana dan fasilitas ialah sumber daya manusia (SDM). Mengikuti kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk mengembangkan potensi SDM di Indonesia guna mewujudkan tujuan SDGs tersebut.

Tim ini beranggotakan 1 Dosen dan 2 mahasiswi aktif Departemen Ekonomi Islam FEB UNAIR. Mereka adalah Dina Fitrisia Septiarini, S.E., MM.,Ak, Mir'atun Nisa', dan Putri Pramita. Ketiganya berkesempatan untuk melakukan presentasi langsung di kampus penyelenggara IIFAC 2022, Hasan Kalyoncu University, Gaziantep, Turkiye. Acara ini akan dilaksanakan pada 26-28 Mei 2022. 

Adapun topik yang menjadi scope pembahasan dalam IIFAC 2022 ini antara lain yaitu Islamic Finance, Islamic Economic, Islamic Insurance, Islamic Business, dan Isu lain pada Lembaga Keuangan Islam. Tim dari departemen EKIS FEB UNAIR ini mengangkat isu terkait faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan masyarakat terhadap produk Peer to Peer Lending (P2P) Syariah di Indonesia. 

Selain rangkaian presentasi paper peserta dari berbagai belahan dunia, kongres Internasional ini diawali dengan Keynote speeches dari tokoh Ekonomi Islam dunia seperti Prof. Dr. Mehmet Asutay (Durham University/UK), Prof. Dr. Mohammad Hudaib (University of Prince Murgin/Madina), Prof. Dr. Mosab Tabash (Al Ain University/UAE), dan Assis. Prof. Dr. Muhammad Ali (UCSI University/Kuala Lumpur).

Besar harapannya, paper yang dipresentasikan oleh tim dari Departemen EKIS FEB UNAIR dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan keilmuan dan Dakwah Ekonomi Islam Internasional. Paper yang telah dipresentasikan juga akan diikutkan dalam Proses publikasi menjadi jurnal Internasional yang diterbitkan oleh penyelenggara nantinya.