E:\KULIAH\PSDM HIMA EKIS\WhatsApp Image 2021-11-10 at 12.23.35 PM.jpeg

 

Personal Branding adalah proses mempromosikan diri, karir, dan pencapaian-pancapaian yang dimiliki melalui suatu citra yang dibangun untuk masyarakat umum. Jika kamu memiliki personal branding yang kuat maka orang lain akan memiliki persepsi atau penilaian positif tentang dirimu. Jika kamu juga memiliki bimbingan karir dari seseorang yang lebih senior atau berpengalaman (career mentoring) untuk membantumu menyiapkan diri sebelum memasuki dunia karir, maka kamu akan lebih siap menghadapi tantangan-tantangan yang mungkin terjadi dalam berkarir. Personal Branding dan Career Mentoring dapat menjadi aset terpenting untuk mencapai tujuan dan meraih kesuksesanmu.

Personal Branding and Career Mentoring atau yang biasa disingkat dengan PBCM merupakan sebuah program kerja baru dari divisi PSDM Hima Ekis Unair. Tahun ini atau lebih tepatnya di tahun pertama penyelenggaraannya, PSDM Hima Ekis Unair berkolaborasi dengan pihak eksternal yaitu Campuspedia untuk mensukseskan acara tersebut.

Program kerja ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan personal branding para peserta secara optimal sehingga mereka dapat membentuk citra yang positif di hadapan orang lain serta membekali informasi, membantu, dan membimbing peserta agar siap memasuki dunia karir. Selaras dengan tujuan tersebut, di tahun pertamanya ini PBCM mengusung tema “Build Up Your Career, Reach The Bright Future”.

PBCM pertama kali diselenggarakan secara online melalui aplikasi Zoom Meeting pada tanggal 5 Juni 2021, pukul 09.30 – 13.10 WIB dengan dihadiri sebanyak 81 peserta umum. Acara ini dimulai dengan pembukaan oleh MC, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, sambutan-sambutan, penyampaian adlips dari Campuspedia, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dan talkshow interaktif oleh pemateri dan moderator, yaitu Cholid Imami S.EI selaku Associate Merchant Risk salah satu e-commerce teranama dan Ynez Permata Kala dari Campuspedia. Materi yang disampaikan antara lain tentang pembuatan dan pengelolaan LinkedIn secara optimal agar mampu menciptakan personal branding yang baik di sana serta tentang segala sesuatu yang perlu disiapkan sebelum memasuki dunia karir. Sebelum acara berakhir, kami membuka sesi tanya jawab, menyerahkan sertifikat kepada pemateri dan moderator, serta menjelaskan challenge berhadiah yang dapat diikuti oleh seluruh peserta. Challenge tersebut berupa ‘duetin’ video Tik-tok yang sudah dibuat oleh panitia PBCM. Pemenang dari challenge tersebut berhak mendapatkan hadiah berupa uang elektronik sebesar Rp50.000,-