Lembaga Pelatihan Sains Indonesia pada tanggal 14 Februari 2021 kemarin mengadakan Kompetisi Sains Indonesia Kategori Mahasiswa Tingkat Nasional di Bidang Ekonomi dengan jumlah peserta 1224 mahasiswa. Hari pengumuman pemenang pada 17 Februari 2021 alhamdulillah membawa kabar bahagia bagi Universitas Airlangga, khususnya Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis, sebab lima mahasiswa S1 berhasil mendapat medali emas dalam kompetisi tersebut. Mereka adalah Astandi Dinoryan, Ayunisa Dinda N. R., Binti Khusnul Hotimah, Fahmi Ilyas, dan Muhammad Khaerul Anan.

Berawal dari saling mengajak, ingin mencari pengalaman, dan ingin memajukan fakultas dan program studi, mereka memutuskan untuk ikut berpartisipasi dalam kompetisi. Berbekal review materi kuliah semester satu dan beberapa sumber yang didapat dari media lain, alhamdulillah mereka berhasil mendapat medali emas. “Kesannya pas lihat pengumuman itu awalnya aku nggak tahu, sih, kalau ada pengumuman. Nah, tiba-tiba Astandi ngehubungin kasih tahu kalau pengumumannya sudah ada. Nah, pas dilihat ternyata alhamdulillah-nya kita berlima; aku, Astandi, Fahmi, Anan, juga Dinda itu dapat emas,” tutur Binti, salah satu mahasiswa S1 Ekonomi Islam ketika diwawancarai.

Kemenangan ini membuat Binti, Astandi, Anan, Fahmi, dan Dinda termotivasi untuk mengikuti kompetisi-kompetisi berikutnya, bahkan Anan berencana untuk ikut kompetisi KTI (Karya Tulis Ilmiah) lain kali. Mereka berharap mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis khususnya Program Studi Ekonomi Islam bisa lebih percaya diri dan memperbanyak prestasi lagi ke depannya. Meski hanya sebagai partisipan, hal itu lebih baik daripada mahasiswa yang hanya diam-diam saja dan membuang waktu serta masa muda sia-sia. (03/03/21)