prodes2024 feb unairPengembangan Produk Desa (Prodes) 2024 merupakan program kerja bidang eksternal Himpunan Mahasiswa Akuntansi Universitas Airlangga, program kerja ini adalah sebagai bentuk implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat. Program kerja ini akan dilaksanakan pada tanggal 24 hingga 28 Juni 2024, di Desa Pelang, Kecamatan Kembangbahu, Kabupaten Lamongan.

Prodes 2024 kali ini akan mengangkat program dalam bidang ekonomi yaitu dalam hal pemasaran dan perizinan halal yang bertujuan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan dan pengetahuan masyarakat di Desa Pelang terhadap pemasaran yang efektif di era 4.0. Selain dari sisi ekonomi, kami juga meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di Desa Pelang melalui Pendidikan dan juga Kesehatan.
Kegiatan ekonomi yang akan dilaksanakan pada acara kali ini adalah mengurus sertifikasi halal produk keripik chillang, serta memberikan edukasi tentang bagaimana cara untuk memasarkan produk UMKM di supermarket sehingga masyarakat paham tidak hanya dari cara membuat produknya, tetapi juga cara memasarkan produknya.
Dalam bidang kesehatan, kami berkolaborasi dengan D3 Pengobatan Tradisional Universitas Airlangga, kami akan membawakan beberapa aktivitas kesehatan, salah satunya adalah demo jamu secara gratis, hal tersebut kami bawakan karena mayoritas dari penduduk Desa pelang berprofesi sebagai petani sehingga menurut kami pengobatan tradisional akan bermanfaat bagi warga Desa Pelang.

Dalam bidang pendidikan, kami membawakan acara yang akan dilaksanakan di SDN 2 Pelang dengan memberikan edukasi mengenai edukasi tentang kesehatan gigi kepada siswa - siswi SD tersebut. Selain itu, kami berkolaborasi dengan puskesmas setempat untuk mengadakan cek gigi gratis bagi partisipan. Selain itu, kami membawakan kegiatan yang akan dilaksanakan di TK Pelang dengan membawakan kegiatan yang interaktif bersama anak TK dan juga anak Paud. Alasan kami membawakan kegiatan - kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pendidikan yang bermutu kepada SDN 2 di Desa Pelang dan TK Pelang.
Harapan kami atas terlaksananya kegiatan ini adalah memenuhi kewajiban sebagai mahasiswa untuk berkontribusi pada tujuan global–Sustainable Development Goals–yang terkhusus pada SDG 8 tentang pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi dan SDG 3 yang berfokus pada kesehatan yang baik dan kesejahteraan di desa Pelang, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.
#prodes2024
#eksternal
#hmas1akuntansifebunair
#febunair
#fakultasekonomidanbisnisunair
#smartfaculty
#smartuniversity
#bersinergidenganhatiuntukibupertiwi
#febsatu
#unairhebat