unac feb unair 1unac feb unair

Airlangga Accounting Competition (AAC) 2023 merupakan program kerja sekaligus acara tahunan terbesar yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga berupa serangkaian acara kompetisi akuntansi antar SMA juga antar perguruan tinggi yang diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia. Rangkaian kegiatan Airlangga Accounting Competition dilaksanakan pada 19 Agustus 2023–23 September 2023. Tujuan dari Airlangga Accounting Competition (AAC) 2023 adalah sebagai branding dan menunjukkan eksistensi Akuntansi UNAIR kepada mahasiswa dan pelajar SMA di Indonesia.
Di tingkat internasional, Indonesia sendiri telah membuat komitmen yang sangat kuat untuk mewujudkan pekerjaan layak untuk mengimbangi pertumbuhan penduduk usia kerja di seluruh dunia yang mencapai sekitar 40 juta per tahunnya dan diperkirakan lebih dari 600 juta pekerjaan baru perlu diciptakan hingga tahun 2030. Menempatkan penciptaan kesempatan kerja sebagai pusat kebijakan akan menghasilkan pertumbuhan yang lebih kuat. Pemerintah Indonesia akan mengintegrasikan SDG’s ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah dengan Bappenas sebagai koordinator.

Hal itu mendorong Airlangga Accounting Competition 2023 untuk tema besar “Optimizing Digital Transformation for Establishing The Future Accountant to Achieve Sustainability in 5.0 Era”. Maksud dan tujuan kami memilih tema tersebut yaitu untuk menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, pembangunan yang menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, pembangunan yang menjaga kualitas lingkungan hidup serta pembangunan yang menjamin keadilan dan terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas hidup dari satu generasi ke generasi berikutnya. Melalui serangkaian acara AAC ini diharapkan untuk dapat melahirkan sumber daya yang dapat menghadapi era dinamis dan tidak pasti seperti saat ini serta memicu peserta untuk meningkatkan jiwa kompetitif dan inovatif dalam menghadapi permasalahan yang ada di sekitar mereka.

Airlangga Accounting Competition (AAC) 2023 terdiri dari empat rangkai acara besar, antara lain:
(1) UNAC (UNAIR National Accounting Competition)
UNAC merupakan olimpiade akuntansi untuk mahasiswa. Tujuan lomba AAC ini adalah menunjukkan eksistensi Akuntansi UNAIR ke perguruan tinggi lain bahwa Akuntansi UNAIR dapat membuat acara yang berkualitas, sarana untuk mengukur kemampuan mahasiswa di Indonesia
(2) TAC (Teenage Accounting Competition)
TAC merupakan olimpiade yang dipertunjukan untuk siswa-siswi tingkat SMA sederajat yang bertujuan mengenalkan dan menarik pelajar SMA pada Akuntansi UNAIR.
(3) Seminar Nasional
Seminar merupakan rangkaian acara edukasi berbentuk seminar berskala nasional yang merupakan rangkaian kegiatan AAC.
(4) Awarding Night
Awarding night merupakan puncak acara dari AAC 2023. Awarding night diadakan dengan tujuan untuk memberikan apresiasi atas keikutsertaan peserta lomba dan hiburan kepada partisipan/penonton dengan art performances yang diikuti dengan pengumuman pemenang lomba sebagai closing ceremony AAC 2023.