Pada saat pemilihan profesi sebagai karir yang akan mahasiswa tekuni kedepannya diperlukan pemahaman yang memadai terkait profesi yang dipilih. Hal tersebut yang melatarbelakangi Himpunan Mahasiswa S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga untuk mengadakan kegiatan Bedah Profesi 2022. Bedah profesi sendiri merupakan program kerja dari Bidang Intellectual Himpunan Mahasiswa S1 Akuntansi. 

Tahun ini bedah profesi mengusung tema “Accountants in the midst of a global recession ” Terdapat 2 narasumber yang berasal dari profesi Akuntansi Pemerintahan dan Akuntansi Biro Ekonomi Jawa Timur.

Perekonomian global saat ini sedang dalam keadaan terpuruknya, dikabarkan tahun depan yaitu pada tahun 2023 diseluruh dunia akan mengalami resesi ekonomi yang diperkuat dengan naiknya suku bunga bank dunia, covid 19, perang antara ukraina dan rusia yang berkepanjangan serta beberapa faktor lainnya. Seorang akuntan dalam mengatasi krisis ekonomi ini memiliki peran yang sangat pentng dalam memberikan informasi keuangan kepada pihak berkepentingan yang bertujuan tepatnya pengambilan keputusan.