Ikatan Lembaga Penalaran dan Penelitian Mahasiswa Indonesia (ILP2MI) merupakan ikatan lembaga mahasiswa yang memiliki tujuan untuk untuk menumbuhkembangkan budaya penalaran dan penelitian di kalangan mahasiswa Indonesia. Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan mengarah pada Tri Dharma perguruan tinggi. ILP2MI memiliki beberapa misi yang ingin dicapai diantaranya yaitu: pertama untuk membangun komunikasi dan kerja sama antar lembaga penalaran dan penelitian mahasiswa se-Indonesia, kedua untuk membangun kerja sama penelitian yang intensif dengan pemerintah, swasta, dan masyarakat. Ketiga untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian berupa jurnal dan artikel ilmiah, ke empat untuk mengaplikasikan hasil-hasil penelitian mahasiswa kepada masyarakat. Maka Sebagai upaya untuk mewujudkan misi tersebut, ILP2MI mengadakan suatu kegiatan nasional yaitu Simposium Nasional (SIMPOSNAS). Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun dan di tahun 2022, SIMPOSNAS kembali hadir dengan konsep yang berbeda dari tahun sebelumnya.

Semenjak Indonesia menghadapi situasi darurat pandemi COVID-19 sejak bulan Januari tahun 2020 yang lalu. aktivitas-aktivitas masyarkat juga ikut berubah menyesuaikan dengan kondisi yang terjadi. Masyarkat yang biasanya bertatap muka dan selalu bertemu untuk berkomunikasi dan melaksanakan kegiatan, mulai berubah sejak pandemi dimulai. Kegiatan-kegiatan mulai dilaksanakan secara daring dan hanya dilakukan melalui platform-platform meeting. Tidak hanya kegiatan masyarakat secara umum, kegiatan kemahasiswaan juga ikut terkena imbas dari pandemi ini, termasuk kegiatan Simposium Nasional pada tahun 2020 hingga tahun 2021 yang dilaksanakan secara daring. Pada tahun 2022 ini, pemerintah sudah berhasil menangani pandemi, sehingga kegiatan masyarakat berangsur-angsur kembali normal

 

seperti sebelumnya, namun dengan tetap memperhatikan regulasi pemerintah mengenai pencegahan COVID-19.

Sehubung dengan kondisi tersebut ILP2MI melalui Departemen Pendidikan dan Pelatihan (DEPDIK) kembali melaksanakan Simposium Nasional yang akan di laksanakan di Sulawesi Selatan, dengan mengusung tema “The Role of Youth: initiate collaboration, awareness, and recovery to encourage G20 goals”. Tema ini memiliki makna yang mendalam, dimana filosofi lahirnya tema ini sesuaikan kondisi dunia saat ini. Melalui momen G2O, Indonesia memegang peran penting sebagai bersama seluruh negara yang tergabung dalam G20, semangat untuk bangkit dan memulihkan ekonomi menjadi poin penting yang harus sama-sama diperhatikan. Sebagai bentuk kontribusi ILP2MI kepada pemerintah, maka dari itu ILP2MI membersembahkan kegiatan Simposium Nasional, dengan tujuan untuk menumbuhkan kembali minat mahasiswa Indonesia dalam mengembangkan potensinya di bidang riset, sekaligus memberikan sumbangsi pemikirannya guna melaksanakan pemulihan nasional.

Universitas Airlangga ikut andil di dalamnya dalam mendelegasikan mahasiswanya yang bernama Abdul Rohman (S1 – Akuntansi) sekaligus perwakilan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Dengan segala harapan dan doa untuk membawa kemenangan ke pihaknya. Event ini dilaksanakan di Makassar pada tanggal 10 – 13 November 2022.