Deskripsi:

Konferensi MUN adalah kata yang banyak didengar. Ini adalah konferensi stimulasi yang diselenggarakan sebagian besar di lembaga pendidikan dan kadang-kadang secara mandiri, di mana peserta mendapatkan kesempatan untuk mewakili sebagai delegasi dari berbagai negara dan berbicara tentang berbagai masalah yang dapat membantu dalam perawatan pribadi.

Model konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa adalah reproduksi konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tingkat yang lebih kecil. Ini melibatkan tugas-tugas pendidikan di mana siswa muda diberi kesempatan untuk memperoleh berbagai keterampilan yang membantu dalam pengembangan kepribadian. Berbagai kemampuan yang menjadi sasaran adalah berbicara, bagaimana berdebat tentang isu, menganalisis hal-hal pada tingkat kritis yang penting dalam penciptaan seorang pemimpin. MUN memberikan kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan tentang kenegarawanan dan penanganan hubungan eksternal. Acara-acara ini diselenggarakan di tingkat sekolah, perguruan tinggi, universitas serta secara independen oleh beberapa organisasi yang menargetkan wilayah tertentu. Siswa dan pemimpin muda terlibat melaluinya dan belajar tentang isu-isu global saat ini dan yang sedang berlangsung. Sesi komite dapat mencakup hal-hal berikut: UNESCO, UNDP, WHO, OIC, UNSC, DISEC, dll. Terkadang ini dapat disesuaikan dengan jenis konferensi.

MUN memiliki peserta atau delegasi dan mereka disediakan negara-negara yang harus mereka wakili dalam pertemuan stimulatory dan forum diskusi. Mereka juga dapat ditugaskan organisasi dan pemimpin politik, dan semua ini dilakukan sebelumnya. Topik dan tugas yang akan dibahas disajikan kepada mereka terlebih dahulu sehingga mereka dapat mengerjakannya dan mempersiapkan diri. Mereka mengumpulkan poin-poin dan membuat agenda yang dapat mereka sajikan dan perdebatkan selama sesi yang meniru komite. Delegasi sering disarankan untuk tetap waspada dan siap untuk menerima pertanyaan kritis mengenai sikap mereka tentang masalah yang mereka diskusikan dan bicarakan. Di akhir konferensi MUN, hadiah dan perisai diberikan kepada setiap peserta panitia yang berkinerja terbaik. Ini berfungsi sebagai pendorong kepercayaan diri juga.

Mempertimbangkan dalam model konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa membantu dalam mendorong dialog antara individu yang berbeda dan membantu dalam meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum dan komunikasi. Panel yang berbeda seperti komite krisis berurusan dengan skenario yang berkaitan dengan spesifikasi mereka baik dalam konteks modern atau historis. Ini membantu siswa untuk beradaptasi dan melawan situasi dan momen yang tidak terduga. Pendekatan yang berbeda digunakan untuk mempelajari kebijakan dan diplomasi. Panduan belajar diberikan kepada peserta oleh penyelenggara untuk masing-masing panitia. Setiap orang diharapkan untuk benar-benar menjalani sikap dalam posisi yang ingin mereka tempati selama presentasi mereka. Delegasi juga harus belajar membuat makalah menggunakan panduan latar belakang. Hal ini dilakukan dalam rangka menyebarkan kesadaran tentang topik-topik yang mendorong penelitian dan penulisan yang dapat sangat bermanfaat di masa depan.

Model Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagian besar mencakup individu dari tiga tingkat pendidikan, dan mereka dapat membuat tim delegasi atau pergi sendiri pada nominasi lembaga mereka. Pada yang diselenggarakan di tingkat internasional, peserta tidak perlu mewakili lembaga tertentu dan lebih suka hadir sendiri. Model pertama Perserikatan Bangsa-Bangsa diselenggarakan di perguruan tinggi Swarthmore pada tahun 1947. Lebih dari 150 siswa mengambil bagian dalam konferensi Majelis Umum dan membahas berbagai masalah termasuk pengembangan Energi Atom, kewarganegaraan pengungsi, perjanjian perlucutan senjata, dll. sejak itu, berbagai acara semacam itu telah diselenggarakan di seluruh dunia.