GIBEI NEWS - Hari Jumat, 8 Oktober 2021 telah berlangsung event rutin enam bulan sekali KSPM yaitu Sekolah Pasar Modal. SPM kali ini diadakan melalui platform Zoom dengan MC Alfiani Alania dan dua pembicara yaitu Dyan Fajar Mahardika dari BEI Jawa Timur dan Peni Rahmadani dari Sekuritas IPOT. Sekolah Pasar Modal ini dimulai sekitar pukul 08.00 WIB dan berlangsung selama kurang lebih 150 menit. Pada SPM kali ini memiliki tema Invest Now For Better Future. Pemilihan tema kali ini dirasa tepat sesuai dengan kondisi masyarakat Indonesia terkhusus mahasiswa yang masih awam sekali terhadap dunia pasar modal ataupun mengenai investasi. SPM diadakan dengan tujuan memberikan akses kepada para pemula yang tertarik dengan pasar modal dan investasi dan ingin terjun langsung ke dalamnya.  



Pada sesi pertama diisi oleh Dyan Fajar Mahardika yang berprofesi sebagai executive trainer Bursa Efek Indonesia.  Pak Fajar menyampaikan materi mengenai pengenalan pasar modal di Indonesia. Dalam materinya Pak Fajar menjelaskan mengenai bagaimana asal mula pasar modal di Indonesia lalu menjelaskan mengapa harus berinvestasi dan manfaat yang diperoleh dari berinvestasi. Materi ini sangat penting bagi partisipan yang mengikuti webinar Sekolah Pasar Modal ini yang mana merupakan pemula dalam dunia pasar modal.

Sebelum dilanjutkan pada materi kedua dengan pembicara Pak Peni. Diberikan sesi tanya jawab bagi partisipan yang memiliki pertanyaan serta dilanjutkan dengan game kuis melalui website Kahoot. Hal ini dilakukan agar webinar yang diselenggarakan tidak hanya satu arah, tetapi interaktif terhadap peserta. Game yang diberikan berisikan pertanyaan yang masih berhubungan dengan materi sehingga peserta dapat mereview materi yang telah diberikan. Selain itu, terdapat hadiah bagi peserta yang menjawab benar paling banyak.



Materi kedua diisi oleh Pak Peni Rahmadani yang berprofesi sebagai investment specialist di Sekuritas IPOT. Dalam pemaparan materinya, Pak Peni menjelaskan mengenai cara menganalisis saham yang mendasar. Selain itu, Pak Peni juga menjelaskan bagaimana cara berinvestasi melalui aplikasi IPOT. Hal ini bertujuan agar para peserta yang hadir tidak hanya belajar investasi secara teori, tetapi juga praktik secara langsung. 

Yang menarik dari Sekolah Pasar Modal kali ini adalah partisipan yang hadir tidak hanya mahasiswa, tetapi juga terdapat karyawan swasta yang mana hal ini menunjukkan bahwa peningkatan jangkauan dari peserta Sekolah Pasar Modal. Diharapkan melalui Sekolah Pasar Modal ini KSPM FEB Unair dapat berkontribusi langsung terhadap masyarakat.